0
966

Honda Hijaukan Gunung Kidul

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Yayasan Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Pemda Kabupaten Gunung Kidul melakukan program penghijauan di area pebukitan Desa Pucang Anom, Kecamatan  Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam program penghijauan ini, Yayasan AHM telah menanam 6.000 pohon di atas lahan seluas 19 hektare terdiri dari 3.800 pohon jati, 1.000 pohon akasia, 400 pohon mangga, 300 pohon rambutan, 420 pohon petai dan 280 pohon alpukat dan melinjo. Disiapkan juga 16,6 ton pupuk untuk pemeliharaan.

Penanaman ribuan pohon di pebukitan Gunung Kidul ini sudah dilakukan sejak bulan Februari 2011 bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Gunung Kidul dan Main Dealer Honda wilayah Yogyakarta, PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (AI-HSO) Yogyakarta.

“Kami memiliki komitmen dan kepedulian terhadap masalah-masalah lingkungan, seperti yang kami lakukan kali ini melalui program penghijaun di Kabupaten Gunung Kidul,” ujar Wakil Ketua Yayasan AHM Kristanto dalam keterangan resmi yang dikeluarkan AHM.

Kristanto menyatakan penanaman pohon di tanah kritis merupakan salah satu upaya Yayasan AHM untuk mengajak masyarakat di Gunung Kidul dan sekitarnya untuk merevitalisasi tanah kritis sehingga menjadi tanah produktif.

Melalui program penghijauan ini, Yayasan AHM berharap tidak hanya dapat memberikan dampak penghijauan saja, namun sekaligus dapat memberikan kontribusi secara ekonomi kepada masyarakat di sekitar dalam jangka panjang.

“Kami berharap program ini juga dapat mendorong kelompok masyarakat tani untuk lebih aktif membangun budaya peduli lingkungan. Karena itu, pemeliharaan jenis-jenis pohon yang ditanam harus dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Pemberdayaan masyarakat seperti ini kami harapkan dapat membuat masyarakat lebih produktif,” ujar Kristanto.

“Kami menyadari bahwa Gunung Kidul adalah daerah yang tandus, namun dengan upaya terus menerus dan konsiten dalam bidang penghijauan, Insya Allah Gunung Kidul dapat kita hijaukan kembali,” kata Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah S.Sos.

Penulis/Foto : Jay/AHM