Dok. Foto: Auto Trader
0
226

Ingin Beli Motor Listrik? Ini Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan

Motor listrik kini makin digandrungi di Indonesia. Pemerintah juga terus gencar untuk produksi motor listrik pasalnya dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan.

Namun, motor listrik memang belum terlalu akrab dengan masyarakat. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan membeli motor listrik.

Pasalnya, perawatan dan penggunaan motor listrik sangat berbeda dengan motor dengan bahan bakar bensin.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan membeli motor listrik:

 

1. Pahami betul bagaimana cara merawat motor listrik

Sebelum benar-benar memutuskan membeli motor listrik, ada baiknya benar-benar memahami bagaimana merawatnya. Pertama, adalah soal merawat baterai dan penggunaannya sehari-hari.

Selain itu, juga penting untuk mencari tahu apakah sparepart motor listrik yang akan kamu beli mudah didapatkan atau tidak.

Dok. Foto: ZigWheels

2. Perhatikan kualitas baterai dan daya listrik di rumah

Daya listrik rumah minimal untuk bisa membeli motor listrik adalah 900 VA atau 900 watt. Hal ini adalah daya minimal untuk bisa mengisi baterai motor listrik.

Kualitas baterai motor listrik juga perlu diperhatikan. Pastikan membeli motor listrik dengan kualitas baterai yang paling baik. Karena baterai adalah komponen paling mahal pada motor listrik.

 

3. Pertimbangkan jarak bepergian sehari-hari

Motor listrik sesuai digunakan untuk jarak dekat. Jika kamu bepergian dengan jarak jauh, sepertinya motor listrik saat ini belum cocok untukmu.

Pasalnya, di Indonesia belum banyak tempat untuk mengisi daya motor listrik jika habis di jalan.

 

4. Apakah sesuai dengan gaya kemudi motor?

Hal ini perlu diketahui sebabnya gaya kemudian motor listrik berbeda dengan motor dengan bahan bakar bensin. Respons tarikan pada motor listrik lebih cepat.

Gaya mengendarai motor listrik juga tak bisa sembarangan agar baterai lebih awet. Disarankan untuk mengendarai motor listrik dengan kecepatan stabil dan santai.