1
5275

Ini Dia Fitur Baru Pada Hayate 125

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Suzuki Hayate 125 kini resmi menggantikan posisi Skywave yang telah lama melenggang di pasar otomotif roda dua Indonesia. Skuter terbaru Suzuki ini hadir dengan serangkaian perubahan di beberapa sektor guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendaraanya.

“Perubahan desain dilakukan berdasarkan kondisi dan situasi di Indonesia. Selain itu, rubahan ini juga sebagai peningkatan kualitas dan performa dari skuter sebelumnya,” tutur Hariadi, 2 W Sales – Service & Outboard Assistant to Section Head.

Menurut Haryadi, perubahan pertama ada pada kopling dengan kanvas lebih besar dan panjang. Dengan pengaplikasian kopling yang lebih besar, skuter ini akan memiliki akselerasi dan performa yang lebih baik.

Di sisi lain, penambahan saluran buang air dan kotoran di bagian bawah CVT, akan membantu CVT bagian dalam tetap bersih dan terhindar dari karat karena air yang tak terbuang dengan baik.

Tak cukup sampai disitu, Suzuki juga membenamkan fitur Main Air Filter (MAF) untuk menghasilkan udara yang lebih bersih. “Udara yang sudah tersaring dari kotoran dan uap air di MAF, langsung disuplai ke mainjet. Dengan fitur ini, diharapkan mainjet akan tetap bersih dari kotoran dan jamur sehingga konerja karburator tetap optimal,” jelas Hariadi.

Fitur baru lainnya Suzuki merubah posisi intake pendingin udara. Jika sebelumnya pendingin diposisikan di atas mesin, kini saluran pendingin udara diposisikan disisi kanan bodi sehingga udara yang langsung dialirkan ke CVT tetap dingin.

Untuk urusan kelistrikan, Hayate 125 telah dibekali Automatic Headlamp On (AHO) dan Automatic Cut Off (ACO).

ACO bekerja memutuskan arus listrik dari starter elektrik saat mesin sudah menyala. Sehingga sesaat setelah mesin menyala, elektrik starter sama sekali tak berfungsi atau tidak akan ada arus saat tombol elektrik starternya ditekan. Sistem ini diatur melalui CDI.

Hayate 125 dibekali mesin 125 cc, 4 langkah, SOHC, silinder tunggal berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material). Suzuki mengklaim dengan SCEM, blok mesin alumunium menjadi lebih tahan lama dan irit BBM karena bobotnya menjadi lebih ringan, tahan gesekan dan melepas panas lebih cepat. Pada akhirnya mesin bekerja lebih efisien dan pembakaran lebih sempurna.

Mesin berkapasitas 125 cc 4 tak, SOHC diklaim menghasilkan tenaga maksimal 9,6 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,8 Nm pada 6.000 rpm. Hayate tersedia dalam empat pilihan warna, brilliant white – metallic matt stellar blue, summer red, macho bright blue dan titan black – metallic matt stellar blue.

Penulis/Foto : Jay

1 COMMENT

  1. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was good. I do not know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren’t already Cheers!