2
1414

Jaedun Muchtar : Sukses Karena Loyal dan Sabar

GILAMOTOR.com. – Berawal dari tukang bersih-bersih komponen yang akan dicat, lelaki kelahiran Purworejo ini memulai peruntungannya mengadu nasib di kerasnya kehidupan Ibu Kota. Berkat kerjakeras dan loyalitasnya pada pekerjaan, setahap demi setahap dia mampu menuju puncak.

Adalah Jaedun Muchtar, lelaki kelahiran Juli 1982 ini kini tengah menikmati kesuksesan usaha yang dibangun dari pengalaman dan jerih payahnya selama sepuluh tahun bekerja dengan orang lain.

“Awalnya temen ngajak kerja di Jakarta, dia bilang kerja dibengkel. Saya pikir jadi mekanik ternyata di bengkel air brush untuk mobil,” terang lelaki yang akrab disapa JJ (jeje) ini.

Bukan lantaran ada yang mengajak kerja lantas dia bisa mengerjaan perkerjaan yang nyaman. Dia memulainya dari nol, dari tidak tahu apa-apa.

“Awal kerja disuruh ngenalin jenis dan fungsi amplas. Sekitar satu tahun kerjaan saya cuma mengamplas bodi mobil yang akan di cat. Karena saya suka dengan pekerjaan air brush, saya menikmati dan terus mempelajarinya,” cerita JJ.

Menurutnya, perkerjaan air brush ini menuntut ketelian, konsentrasi dan jiwa seni yang tinggi. Karena itu, sejak pertama kali dirinya menginjakkan kaki di bengkel air brush di wilayah Jakarta Barat, dia terus berusaha mengembangkan kemampuannya.

“Sambil kerja saya belajar sendiri dan akhirnya bisa. Waktu bos ngeliat saya bisa menggunakan alat air brush dan membuat grafis, bos menyuruh saya memegang pekerjaan itu,” terangnya.

Sepuluh tahun dia bekerja dengan orang lain di bengkel air brush. Beragam masalah yang dihadapi membentuk diri dan jiwanya menjadi sorang pengusaha dan pemimpin.

Puncaknya terjadi pada tahun 2006 lalu, tekad tak mau bekerja dengan orang lain membawa langkahnya menuju perubahan statusnya dengan membuka bengkel airbrush kecil-kecilan di rumahnya.

Pengalamannya berkomunikasi dengan distributor dan konsumen, membuat dirinya tak terlalu sulit untuk mengatasi beragam masalah yang datang saat memulai usahanya. Bengkel air brush yang dimulai dengan tiga orang awak termasuk dirinya, kini sudah memperkerjakan sembilan orang karyawan.

Bahkan, bengkel yang diberi lebel dari nama panggilannya, JJ AirBrush yang berlokasi di Jl. Kayu Manis Barat No.41, Matraman Jakarta Timur, kini mampu mengerjakan setidaknya 30 unit motor setiap bulannya. Itu belum termasuk penjualan bodi kit untuk modifikasi yang dibuat dan didistribusikannya sendiri.

“Sebulan sebelum memutuskan berhenti kerja dan membuka bengkel sendiri, saya sudah menyiapkan nama bengkelnya. Berhubung orang manggil saya dengan sebutan JJ (jeje), yah sekalian aja nama bengkelnya pake nama itu,” papar pengusaha muda ini.

Menurut JJ, semasa dia bekerja dengan orang lain dia selalu menganggap pekerjaannya itu adalah tanggung jawab dan miliknya. Makanya, kata dia, totalitas dan loyalitas selama bekerja selalu ditanamkan dalam dirinya untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ya, totalitas dan loyalitas nya selama sepuluh tahun bekerja dengan orang lain membawanya menjadi seorang pengusaha muda yang cukup sukses. Rumah tinggal dan sebuah mobil kini menjadi salah satu properti miliknya yang dibeli dari hasil usahanya.

Yaa..yaaa.. Patut ditiru nih Bro..

Penulis/Foto : Jay

2 COMMENTS