Dok. Foto: Wired
0
272

Jangan Anggap Sepele, Ini Tiga Faktor yang Bisa Bikin Baterai Motor Listrik Cepat Rusak

Motor listrik kini tengah digandrungi oleh banyak kalangan, pasalnya dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun, perawatannya memang cukup berbeda dengan motor dengan bahan bakar bensin.

Baterai merupakan komponen paling penting pada motor listrik. Perawatan baterai ini bisa dibilang susah-susah gampang.

Jika tidak dirawat dengan baik, baterai motor listrik tentunya tak awet. Mengganti komponen baterai sendiri tentu memerlukan dana yang tak sedikit.

Untuk itu, lebih baik memang melakukan perawatan yang tepat agar baterai motor listrik awet.

Nah, ini dia tiga faktor yang dapat membuat baterai motor listrik cepat rusak:

1. Overcharging
Membiarkan baterai tetap terus di-charge meski sudah full terus menerus dapat membuat baterai motor listrik cepat rusak. Pasalnya, baterai akan menjadi panas dan akan mengurangi umur pakai baterai.

Selain overcharging, kebalikannya yakni deep discharge juga dapat merusak baterai motor listrik. Deep discharge adalah membiarkan baterai terlalu lama tanpa diisi daya.

Mengisi daya baterai motor listrik secara teratur memang menjadi salah satu faktor penting agar baterai motor listrik lebih awet.

Dok. Foto: Motorcyclenews

 

2. Suhu yang ekstrem
Suhu yang ekstrim juga dapat merusak baterai motor listrik. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin membuat baterai cepat rusak.

Pada suhu yang terlalu panas, bisa menyebabkan baterai menjadi korosif. Hal ini berakibat membuat umur pakai baterai menjadi berkurang.

Untuk itu, jangan mencharge baterai setelah digunakan berkendara dengan jarak yang cukup jauh. Pasalnya akan membuat menjadi overheat atau baterai kepanasan.

Tunggu waktu minimal 15 menit agar baterai dingin terlebih dahulu jika ingin mengisi daya lagi.

Suhu terlalu dingin juga bisa merusak baterai. Paling tepat adalah suhu yang normal.

 

3. Terlalu sering dipakai atau terlalu jarang dipakai
Pemakaian baterai listrik yang terlalu sering dapat membuat baterai cepat habis dan mengurangi umur pakai baterai. Begitu juga sebaliknya.

Pastikan baterai selalu terisi secara teratur agar umur pakai baterai lebih panjang.

Itu dia tiga faktor yang dapat merusak baterai motor listrik. Pastikan selalu merawat motormu dengan teratur dan benar ya!