2
1065

Jupiter Z1 Dikembangkan Desainer M1 MotoGP

GILAMOTOR.com, Sentul. – Angka 1 pada all new Jupiter Z1 bukan sekedar angka atau pelengkap nama baru Jupiter. Angka 1 punya makna yang terhubung dengan kecepatan. Soalnya nihh, sang Project Leader all new Jupiter Z1 adalah orang yang mengembangkan Yamaha M1 MotoGP.

Namanya Yuichi Takeda. Dikatakan lelaki Jepang ini, bahwa rancangan Jupiter Z1 ini mengedepankan performa dan desain yang stylish.

“Pengembangan Jupiter Z1 memakan waktu selama tiga tahun. Motor ini mengedepankan performa yang lebih baik dan desain yang lebih stylish,” jelas Takeda di sela-sela peluncuran Jupiter Z1 di sirkuit Sentul, Bogor, hari ini (10/7).

Takeda juga menjelaskan, beberapa teknologi yang diaplikasi pada motor-motor besar juga diterapkan pada Jupiter Z1. Salah satunya YZ Crankshaft Technology yang digunakan pada motor kros YZ450F.

Lelaki yang juga menjadi project leader dalam pengembangan motor supersport YZF-R6, YZF-R1, YZR-M1 memaparkan, dengan YZ Crankshaft Technology, akselerasi Jupiter Z1 jadi lebih responsif, gesit dan torsi yang lebih baik.

“Performa All new Jupiter Z1 lebih tinggi 20 persen dibanding Jupiter generasi sebelumnya. Selain itu, berkat aplikasi FI nya juga membuat konsumsi bbm jadi lebih efisien.” tambahnya.

Mesin berkapasitas 113,7 cc, 4 langkah, 2 katup SOHC, berpendingin udara, Jupiter Z1 diklaim memiliki tenaga puncak hingga 10,06 PS pada 7.750 rpm dan torsi 9.9 Nm pada 6.500 rpm.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72

2 COMMENTS