Kelebihan Suspensi Subtank Pada Motor, Pantas Banyak Dipakai
0
119

Kelebihan Suspensi Subtank Pada Motor, Pantas Banyak Dipakai

Suspensi atau yang biasa juga disebut dengan shockbreaker merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk meredam guncangan dan getaran saat sepeda motor melaju di berbagai kondisi jalan. 

 

Shockbreaker pada sepeda motor itu ada dua tipe yakni shockbreaker belakang tunggal dan ganda dengan posisi di kiri dan kanan samping ban belakang. Sementara untuk jenisnya, shockbreaker belakang yang biasanya digunakan pada motor matic terdiri dari dua jenis yakni shockbreaker dengan spring biasa dan shockbreaker tipe subtank suspension. 

 

Nah, kali ini kita bakal bahas suspensi model subtank. Pada suspensi jenis ini, udara dan oli ditempatkan pada tabung yang terpisah. Hasilnya, kinerja suspensi jadi lebih optimal. 

 

Berikut beberapa kelebihan suspensi subtank: 

 

  1. Secara Visual Lebih Keren 

 

Keunggulan pertama menggunakan suspensi subtank adalah di sisi visualnya yang jadi makin gagah. Selain itu, penampilan motor juga jadi modern dan canggih. Tak heran kalau suspensi model ini banyak digunakan pada berkonsep sport. 

 

  1. Nyaman dan Stabil 

 

Yang paling menjual tentu saja karena penggunaan suspensi subtank bikin motor makin nyaman dan tangguh. Hal ini karena kinerja suspensi yang lebih optimal hasil dari pemisahan tabung udara dan oli yang membuat lebih stabil saat digunakan berkendara di berbagai kondisi jalan. 

 

  1. Perawatan Lebih Gampang 

 

Perawatannya juga tergolong lebih gampang yakni dengan rajin membersihkannya saat mencuci sepeda motor. Pastikan untuk dibersihkan hingga bagian-bagian tersulitnya di sela spring rate-nya ya. Pastikan tak ada debu dan kotoran yang menempel karena bisa mengganggu kinerja shockbreaker tersebut. 

 

Untuk merawat shockbreaker subtank ini juga bisa dengan cara menghindari membawa beban terlalu berat atau overload. Karena pastinya akan membebani kinerja shockbreaker hingga bikin cepat aus. 

 

Selain itu, pastikan menggunakan kecepatan rendah saat harus melewati jalan rusak dan berlubang. 

 

Itu dia beberapa kelebihan suspensi subtank. Tertarik gak nih beli motor dengan suspensi subtank?