Dok. Foto: Bestbeginnermotorcycles.com
0
481

Kenali Jenis-jenis Helm dan Kegunaannya Biar Gak Salah Pilih

Helm motor ternyata ada banyak macamnya lho. Meski demikian, fungsi utamanya sama yakni sebagai pelindung utama kepala dari risiko cedera saat mengendarai sepeda motor.

Selain itu, helm kini juga menjadi salah satu fashion otomotif bagi pengendara sepeda motor. Kini, ada beberapa jenis helm motor model dan desain.

Sebelum memutuskan untuk membeli helm, kenali dulu nih beberapa jenis helm motor:

1. Helm Open Face

Helm ini cukup banyak digunakan sepeda motor di Indonesia. Dari segi bentuk memang tampak paling simpel untuk digunakan di kegiatan sehari-hari. Sayangnya, helm ini kurang melindungi karena tak memiliki penutup depan.

Dok. Foto: Ridesandrules.co

Banyaknya helm ini digunakan memang karena karakteristik dari helm ini yang ringan dan praktis. Namun, helm ini tidak disarankan untuk perjalanan jarak jauh ya karena tidak maksimal melindungi kepala terutama di bagian depan.

2. Helm Full Face

Helm ini awalnya memang dikenal juga sebagai helm balap. Menutup semua bagian kepala membuat helm ini memang dibuat untuk fungsi perlindungannya.

Dok. Foto: Harley-davidson.com

Tetapi semakin berkembangnya helm sebagai fashion otomotif membuat produsen membuat helm ini lebih ramah dipakai untuk harian. Hingga kini banyak yang menggunakan helm full face di jalanan.

Kekurangan dari helm full face adalah soal jarak pandangnya yang terbatas karena terhalang pelindung dagu.

3. Helm Modular

Helm Modular merupakan helm perpaduan antara helm full face dan half face. Bagian depan dari helm ini mengadopsi desain dari helm full face sementara bagian dagunya dibuat dapat terbuka.

Dok. Foto: Boxrepsol.com

Helm ini banyak digunakan untuk touring karena memudahkan penggunanya menggunakan helm sesuai kebutuhan. Kekurangannya adalah bobotnya lebih berat dari kebanyakan helm lainnya.

4. Helm Offroad

Helm ini memiliki bentuk moncong di depan yang lebih panjang pada pelindung dagu. Pada bagian atas terdapat pelindung seperti topi untuk melindungi dari matahari maupun cipratan air atau lumpur.

Dok. Foto: Phinemo.com

Sesuai namanya, helm ini banyak digunakan oleh motor offroad atau adventure.

Kekurangan dari helm ini adalah tak memiliki kaca yang menutupi bagian mata. Sehingga pengendara masih harus menambahkan kacamata untuk melindungi mata.

5. Helm Dual Sport

Dok. Foto: Ghostbikes.com

Helm ini merupakan gabungan dari helm offroad. Helm ini didesain untuk perjalanan sangat jauh dengan medan yang cukup sulit sehingga kepala benar-benar aman dari kemungkinan cedera. Karena fungsi helm ini memberikan proteksi penuh di bagian kepala.

6. Helm Half Face

Helm ini merupakan helm paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Helm ini desainnya mirip dengan helm open face hanya saja ditambah dengan kaca sehingga lebih aman untuk perjalanan.

Dok. Foto: Tradeinn.com

Helm ini nyaman digunakan karena bagian dagu terbuka sehingga pengguna bisa bernapas tanpa merasa engap. Tetapi tak disarankan untuk perjalanan jarak jauh karena kurang melindungi.

7. Shorty Helmet

Helm ini identik untuk pengguna motor gede alias moge. Bentuknya hanya menutup bagian kepala tanpa penutup wajah sama sekali.

Dok. Foto: Fuelhelmets.com

Helm ini hanya boleh digunakan untuk perjalanan dekat karena tak melindungi penggunanya secara optimal.