0
66

Kekurangan Helm Full Face Ketika Dipakai Harian

Salah satu jenis helm yang cukup populer adalah helm full face. Helm ini umumnya digunakan oleh pembalap saat di lintasan atau digunakan untuk touring motor.

Meski begitu, banyak juga nih yang menggunakan helm full face untuk harian. Padahal, helm full face sebenarnya punya beberapa kekurangan untuk digunakan untuk harian. 

Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Bikin Kepala Pusing 

Salah satu kekurangan helm full face untuk harian adalah bikin cepat pusing. Hal ini karena helm full face memiliki bobot yang cukup berat dibandingkan helm lainnya seperti half face.

Untuk itu, helm ini tak disarankan digunakan dalam waktu lama. Apabila digunakan untuk touring disarankan untuk mengambil istirahat dalam beberapa waktu agar kepala dan leher tidak sakit. 

  1. Tak Terlalu Mendengar Suara Dari Luar 

Beda dengan lintasan balap, jalan raya pastinya akan lebih banyak suara dari kendaraan lainnya yang butuh diperhatikan agar tetap fokus. Menggunakan helm full face membuat suara tak sepenuhnya terdengar karena memiliki pelindung telinga yang cukup tebal. 

Jika ingin mendengar suara dari luar, bisa dibuka visornya agar suara bisa lebih terdengar. 

  1. Tak Nyaman Gunakan Kacamata 

Bagi pengguna kacamata sepertinya akan kerepotan untuk menggunakan helm full face karena cukup merepotkan. Ruang di kepala memang cukup sempit jadi sulit menggunakan kacamata apalagi jika framenya besar. 

  1. Tak Leluasa Batuk Dan Bersin 

Sempitnya ruang untuk kepala akan membuat pengendara kesulitan saat akan batuk dan bersin. Hal ini cukup merepotkan jika pengendara sedang flu misalnya. Untuk itu, untuk penggunaan harian sebaiknya gunakan helm half face apalagi jika digunakan untuk dalam jangka waktu yang tak terlalu lama

Itu dia beberapa kekurangan penggunaan full face untuk harian. Tetapi, jika dirasa nyaman menggunakannya sah-sah saja ya Guys!