Dok. Foto: hhrperformance.com
0
346

Kelebihan Carbon Fiber untuk Body Motor, Pantas Jadi Andalan

Meski sudah cukup lama dikenal di kalangan pemotor, hingga saat ini carbon fiber masih jadi andalan untuk pecinta modifikasi motor roda dua.

Bahan carbon fiber yang sebenarnya terbilang cukup mahal, karena itu banyak bengkel yang menyediakan layanan pelapisan carbon fiber untuk menimbulkan kesan mewah pada motor dan mendongkrak penampilan.

Jadi, sebenarnya apa sih keunggulan dari carbon fiber sampai jadi idola banyak orang?

Carbon fiber ini sebenarnya sudah lumrah digunakan untuk motor balap. Ternyata, bukan karena tampilannya saja yang dicari dengan modifikasi carbon fiber tetapi karena bobotnya juga yang lebih ringan.

Jika dibandingkan dengan cover body motor dengan plastik, cover dengan carbon fiber ini lebih ringan sekitar 30-50 persen. Jadi, carbon fiber ini lebih tipis jika dibandingkan yang terbuat dari plastik atau besi.

Proses pembuatan carbon fiber ini menggunakan metode vakum. Serat karbon dibuat dengan komposisi satu banding satu dengan cairan resin. Hasilnya, body carbon fiber lebih ringan dan tipis tetapi tetap kuat dan kaku layaknya bodi bawaan motor.

Body carbon fiber bisa kaku sekitar 60-80 persen dibandingkan body asli motor. Sehingga carbon fiber jadi idola banyak orang.

Kelebihan carbon fiber yang lain yakni lebih elastis. Sehingga tak gampang pecah jika terkena benturan. Otomatis motor akan lebih mulus.

Selain itu, carbon fiber ini lebih kuat jika terkena suhu panas sehingga lebih aman. Tak heran jika carbon fiber juga digunakan untuk motor-motor balap di MotoGP.

Itu dia beberapa kelebihan dari carbon fiber yang membuatnya banyak diidolakan untuk modifikasi motor. Karena kelebihannya begitu banyak, tak heran jika harganya pun cukup mahal ya teman-teman. Sangat sebanding dengan kelebihan yang ditawarkan.