spakbor motor
0
62

Spakbor Motor Jangan Dicopot, Ini Peranan Pentingnya

Saat sepeda motor dimodifikasi, biasanya salah satu bagian motor yang dicopot adalah spakbor. Pencopotan bagian ini sering kali dikaitkan dengan gaya atau style yang diinginkan pengendara. 

Padahal, mencopot spakbor motor itu sangat tidak disarankan karena komponen ini memiliki fungsi penting untuk keamanan berkendara. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Melindungi Dari Cipratan Air 

Ketika sepeda motor melintasi jalanan basah atau ada genangan air, biasanya akan ada cipratan air. Spakbor melindungi pengendara dan penumpang dari cipratan air ini. 

 

  1. Motor Jadi Makin Gagah 

Kehadiran spakbor tentu saja sudah diperhitungkan secara penampilan oleh pabrikan. Spakbor didesain sedemikian rupa untuk memenuhi aspek keamanan sekaligus penampilan oleh pabrikan, untuk itu jangan asal diganti dengan spakbor abal-abal. 

 

  1. Mencegah Kotoran Masuk Ke Komponen Lain 

Salah satu fungsi penting dari spakbor yang lain adalah melindungi motor dari kotoran yang akan masuk ke komponen lain. Biasanya komponen ini akan akan menjadi bagian paling kotor tetapi sangat mudah dibersihkan. 

 

  1. Jika Dicopot Bisa Kena Tilang 

Spakbor sudah didesain oleh produsen untuk keamanan dan kenyamanan pengendara. Penggunaannya juga sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil.

 

Jadi, siap-siap kena tilang jika nekat melepas spakbor dari sepeda motor ya. Karena komponen ini cukup penting keberadaannya pada sepeda motor.