Dok. Foto: Return of The Cafe Racers
0
378

Kenali Penyebab Tarikan Kabel Gas Jadi Berat

Pemilik kendaraan bermotor patut waspada jika tarikan motor dirasa berat. Biasanya motor akan terasa lambat meski bukaan gas sudah besar.

Hal ini akan terasa tak nyaman apalagi jika sedang berada di jalan ramai. Ada beberapa kemungkinan penyebab kenapa tarikan kabel gas terasa berat.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Kabel gas kotor

Rupanya tarikan gas menjadi berat bisa juga disebabkan karena kabel gas kotor biasanya dikarenakan ada beberapa serat putus di dalam kabel. Kabel gas yang tak bekerja secara optimal akan membuat tarikan gas terasa berat.

2. Tak teratur ganti oli

Oli memang sebaiknya diganti secara berkala sesuai saran pabrikan. Tarikan gas terasa berat bisa disebabkan karena motor belum diganti olinya sehingga komponen antar mesin tak terlumasi dengan baik dan menjadi kering.

Untuk itu mengganti oli secara berkala memang perlu mendapat perhatian dari pemilik kendaraan bermotor.

3. Busi rusak

Rusaknya busi juga bisa menyebabkan tarikan gas menjadi berat. Busi yang tua atau soak bisa menyebabkan pengapian pada busi tak sempurna. Hal ini akan membuat motor menjadi lambat saat tuas gas ditarik.

4. Rantai / V-Belt aus

Rantai atau v-belt aus juga bisa menyebabkan tarikan gas menjadi berat. Komponen ini fungsinya sebagai penghubung mesin dan roda, sehingga ketika ada masalah pada komponen maka akan ada jeda waktu tertentu pada roda saat akan berputar.

5. Kepala silinder kotor

Sisa pembakaran yang tak sempurna akan membuat kerak pada kepala silinder. Hal ini akan membuat mesin menjadi cepat panas dan alhasil tarikan gas terasa lebih berat.

6. CDI rusak

Bukan cuma busi yang bisa membuat tarikan gas terasa berat tapi juga CDI. Jika CDI rusak maka sistem pengapian tak akan bekerja secara sempurna hingga tarikan gas terasa berat.

Pastikan memeriksa komponen dalam kendaraan Anda secara berkala dan mengganti oli secara berkala agar tarikan gas motor terasa enteng dan nyaman.