0
862

Lorenzo: Kuncinya Adalah Sabar

GILAMOTOR.com, Catalunya. – Pertarungan dua Spaniard di MotoGP seri Catalunya, Minggu (3/5) membuktikan kekuatan para pebalap Spanyol di MotoGP.

Dani Pedrosa dan Lorenzo bersaing keras di hadapan penggemar di negerinya sendiri sejak balapan dimulai. Pedrosa yang sempat mempimpin jalannya balapan punya peluang besar untuk memenangkan balapan itu. Motor yang kompititif untuk menghadapi Lorenzo di seri Catalunya, mampu dimanfaatkan Pedrosa sebagai senjata.

Sayang, meski sempat saling susul dan kembali memimpin hingga beberapa putaran menjelang usai harus rela direbut Lorenzo hanya karena sedikit kesalahan.

“Itu adalah situasi yang sangat sulit karena aku tak mau melakukan hal bodoh apa pun saat mencoba melewati Pedrosa dan Dani pada patas kemampuan, jadi aku hanya menunggu kesempatanku,” ungkap Lorenzo.

Lorenzo terus bersabar menunggu kesempatan untuk melewati Ben Spies dan Pedrosa. Spies melakukan kesalahan hingga dia tergusur ke posisi paling belakang. Meski Lorenzo sempat melakukan kesalahan kecil dan tertinggal jauh oleh Pedrosa di beberapa lap menjelang usai, namun dia berhasil memperkecil jaraknya dengan rival senegaranya.

“Ben melebar dan aku ke posisi dua. Untuk ku ini posisi yang bagus jadi aku sedikit menunggu untuk melihat bagaimana Dani mempertahankan lajunya. Aku membuat kesalahan dan dia pun menjauh, tapi aku mempu memperbaiki jarak dengan dia, dan dalam lima atau enam lap aku melihat Dani laju dani sedikit melambat.”

“Aku berpikir untuk sedikit menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi, karena balapan itu sangat mudah untuk terjatuh – dia melakukan pengereman di zona late braking jadi itu sangat sulit untuk melewatinya dan dia tak tersentuh.”

“Jadi aku menunggu kesalahannya, dan hal itu tiba. Saat aku melihat Dani melebar, aku berfikir ‘Ok, ini kesempatanku’. Aku melewati nya dan aku berfikir jika aku mendorong hingga batas untuk dua atau tiga laps, aku aku bisa membuka jarak dengan dia, karena Dani terlihat tak nyaman. Dan itu pun terjadi.”

Lorenzo berhasil memenangkan balapan di hadapan publiknya sendiri. Sesuai janjinya yang ingin memenangkan balapan untuk para penggemar di negerinya sendiri, dalam selebrasi kemenangannya, Lorenzo kembali mengibarkan dan menancapkan bendera Lorenzo Land di hadapan para penggemarnya, di kampung halamannya sendiri.

Lorenzo meraih kemenangan ketiga di musim 2012 ini dengan sempurna dan membuatnya bertahan di posisi puncak klasemen dengan selisih 20 poin di depan rival utamanya, Casey Stoner.

Hasil Balapan Seri Catalunya

Pos  Rider             Team/Bike                    Time/Gap

1.  Jorge Lorenzo     Yamaha                     43m07.681s

2.  Dani Pedrosa      Honda                        + 5.003s

3.  Andrea Dovizioso  Tech 3 Yamaha                + 9.361s

4.  Casey Stoner      Honda                        + 9.544s

5.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha               + 12.506s

6.  Alvaro Bautista   Gresini Honda               + 13.948s

7.  Valentino Rossi   Ducati                      + 17.555s

8.  Stefan Bradl      LCR Honda                   + 23.478s

9.  Nicky Hayden      Ducati                      + 30.410s

10.  Ben Spies         Yamaha                      + 32.897s

11.  Hector Barbera    Pramac Ducati               + 36.144s

12.  Karel Abraham     Cardion Ducati              + 56.229s

13.  Aleix Espargaro   Aspar Aprilia             + 1m08.054s

14.  Michele Pirro     Gresini FTR-Honda         + 1m08.775s

15.  Randy de Puniet   Aspar Aprilia             + 1m10.483s

16.  James Ellison     Paul Bird Aprilia         + 1m13.090s

17.  Mattia Pasini     Speed Master Aprilia      + 1m20.903s

18.  Yonny Hernandez   Avintia FTR-Kawasaki      + 1m21.235s

19.  Danilo Petrucci   Ioda-Aprilia              + 1m41.207s

20.  Ivan Silva        Avintia Inmotec-Kawasaki  + 1m41.888s

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: MotoGP