Dok. Foto: Motorcyclehabit.com
0
327

Malfunction Indicator Lamp, Arti dan Kegunaan

Malfunction Indicator Lamp (MIL) adalah lampu indikator pada motor injeksi berwarna orange pada speedometer. Lampu ini juga biasa disebut sebagai indikator check engine. Lampu ini akan otomatis menyala beberapa detik setelah kunci kontak diputar ke ON.

Lampu indikator ini akan memberikan tanda saat ada masalah pada motor dengan kedipan yang berbeda.

Jika biasanya lampu akan menyala dua atau tiga detik setelah mesin ON, maka lampu akan berkedip berbeda ketika terjadi masalah atau kerusakan pada sepeda motor injeksi Anda.

Untuk itu, jika MIL berkedip-kedip, artinya kalian patut waspada karena bisa jadi ada yang sedang tidak beres pada kendaraan. Sumber masalah pada motor yang menyebabkan MIl berkedip ini bisa dilihat dari kode kedipan MIL.

Pada motor Honda misalnya, ada dua jenis kedipan pada MIL. Pertama kedipan panjang (berkedip selama 1,3 detik) dan pendek (berkedip selama 0,3 detik).

Yang perlu diperhatikan ketika MIL berkedip adalah berapa kali kedipan panjang dan berapa kali kedipan pendek atau bisa saja cuma kedipan panjang saja atau hanya kedipan pendek saja.

Paket kedipan itu bakal terjadi berulang-ulang, dengan jeda padam panjang sekitar 3 detik.

Pada motor Honda, tiap kedipan ini punya nilai sebagai kode. Kedipan panjang punya nilai 10 sedangkan kedipan pendek punya nilai 1.

Misalnya jika pada motor injeksi Honda MIL berkedip panjang dua kali dan berkedip pendek satu kali. Maka nilainya menjadi 21.

Kasus kerusakan ini berarti dilihat pada kode 21 yakni terjadi pada area sensor oksigen.

Contoh lainnya bila lampu pendek berkedip selama 7 kali berarti terjadi kerusakan pada engine oil atau coolant temperature.

Untuk lengkapnya arti kode kerusakan bisa dilihat di daftar berikut ini:

1 – manifold absolute pressure

7 – engine oil/coolant temperature

8 – throttle position

9 – intake air temperature

12 – injektor

21 – oxygen sensor

29 – intake air cut valve

33 – engine control module (ECM)

52 – crankshaft position

54 – bank angle sensor