Foto: Dok. Motorcyclistonline.com
0
365

Menghitung Usia Pakai Kampas Rem Motor

Salah satu komponen penting pada kendaraan adalah rem motor. Yang mana piranti ini memiliki peran penting untuk keselamatan berkendara. Oleh karena itu kalian harus selalu memperhatikan usia pakai kampas rem saat melakukan perawatan.

Lalai dalam perawatan kampas rem dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Pasalnya kampas rem yang sudah aus tidak akan bekerja maksimal sesuai fungsinya. Kampas rem menjadi salah satu komponen yang slow moving part dan mudah diketahui ketika kampas habis.

Rem motor terdiri dari dua jenis yang pertama cakram dan tromol. Untuk tipe cakram terdiri dari 6 komponen yakni piringan atau disc, brake caliper, piston, nipple bleed atau nipple poin, dan juga kampas rem.

Minimnya perawatan atau penggantian kampas rem pada tipe ini menyebabkan disc atau piringan cakram termakan (menipis). Hal ini dikarenakan kampas yang habis, dan menyisakan besi bergesekan oleh disc atau piringan.

Tipe tromol, rem ini memang tidak terlihat letaknya yang berada di tengah dan terbungkus pelek membuatnya terlihat lebih ringkas. Komponen penyusun rem tromol meliputi tromol rem, brake shoe, kampas, return spring, dan pivot pin.

Untuk menghitung usia kampas rem Anda bisa mengacu pada tiga indikator ini :

1. Jarak Tempuh atau Kilometer

Jika anda masuk dalam kategori pengendara yang telaten, cara ini tentunya bisa kalian terapkan dengan mencatat kapan kampas rem motor harus diganti.

Melansir dari Motorcyclehabit kampas rem idealnya diganti setelah motor melalui 32.000km, dengan melihat kondisi medan dan lalu lintas yang ditempuh. Jika dalam sehari anda menempuh jarak 50km, ideal penggantian kampas rem motor adalah 21 bulan.

2. Ketebalan kampas

Pada rem tipe cakram, ketebalan kampas bisa terlihat dengan mudah. Jika kampas kurang dari 2mm disarankan untuk segera menggantinya.

Sementara untuk rem tromol, ada pada indikator berupa tanda panah sebagai petunjuk waktu penggantian kampas rem. Jika dua tanda panah tersebut sudah bertemu, seharusnya dilakukan penggantian kampas rem.

3 Bunyi

Sementara untuk bunyi tidak bisa langsung disimpulkan kalau kampas sudah habis. Bunyi berdecit bisa dipastikan bagian kampas rem motor kotor, dan bunyi gesekan logam menandakan kampas rem motor sudah mulai terkikis.