Dok. Foto: Bennetts.co.uk
0
442

Mesin Motor Sering Tiba-tiba Mati saat Dikendarai Tanda Aki Soak, Mitos atau Fakta?

Motor mogok saat dikendarai tentu kerap membuat pengendara kebingungan ada masalah apa dengan motor? Apalagi saat motor tak bisa dinyalakan kembali. Pastinya ada masalah pada sepeda motor sehingga ngadat saat digunakan.

Banyak yang langsung menduga jika motor mati mendadak dan tak bisa dinyalakan kembali pasti masalah terjadi pada aki.

Sebenarnya, ini bukan hal yang salah tetapi motor mendadak mati saat digunakan bisa terjadi karena beberapa sebab. Yang pertama harus diperiksa adalah apakah bensinnya masih ada atau tidak.

Jika bensin masih terisi dan motor tetap mogok berarti ada masalah lain. Selain aki, ada beberapa yang perlu dicek saat motor mogok mendadak.

Ada banyak sebab mesin motor mati mendadak mulai dari ventilasi tangki bensin tersumbat, main jet mampet, kabel busi bermasalah, mesin overheat, tak pernah servis rutin hingga aki soak.

Yap, aki soak bisa menjadi salah satu penyebab kenapa mesin sering tiba-tiba mati saat digunakan.

Ada beberapa tanda saat aki soak yang bisa dikenali sehingga pengguna bisa segera mengganti aki sehingga tak macet di jalan.

Saat aki mulai soak bisa dilihat pada motor dengan speedometer digital yang tampilannya mulai redup. Biasanya, saat mesin di-ON-kan, speedometer akan error atau berkedip saat aki mulai soak.

Selain itu, tanda lainnya yang kentara adalah suara klakson yang mengecil. Kamu patut curiga aki mulai soak saat suara klakson tidak sekeras biasanya.

Selain aki soak, salah satu penyebab yang bisa terjadi saat mesin motor sering tiba-tiba mati adalah terjadi masalah pada kiprok. Kiprok ini memang memiliki fungsi yang berhubungan dengan aki.

Kiprok bekerja berfungsi untuk menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir dan selanjutnya dialihkan ke aki. Kiprok yang sudah rusak harus segera diganti karena akan menyebabkan masalah kelistrikan pada motor sehingga mesin bisa tiba-tiba mati.

Jika arus terlalu besar mengalir ke aki bisa terjadi kondisi over change dan mempersingkat usia aki.

Ada beberapa tanda pada sepeda motor saat kiprok rusak yakni lampu motor beberapa kalo mati, aki tekor, mesin motor tiba-tiba mati, dan lampu yang redup.

Nah, jadi sebelum buru-buru mengganti aki saat motor mogok pastikan dulu bagian kiprok ini tidak bermasalah. Jika masalahnya pada bagian kiprok maka segera ganti kiprok tanpa perlu mengganti aki.