Mitos Jangan Beli Kendaraan Bekas Kecelakaan, Apa Benar?
0
166

Mitos Jangan Beli Motor Bekas Kecelakaan, Apa Benar?

Banyak orang memilih membeli sepeda motor bekas karena harganya yang lebih murah. Tetapi, di masyarakat juga berkembang mitos bahwa motor bekas kecelakaan apalagi korban meninggal harus dihindari karena dipercaya membawa sial. 

 

Sepeda motor membawa sial tentu saja sebuah pernyataan yang berlebihan. Tetapi, membeli motor bekas kecelakaan memang perlu banyak pertimbangan. 

 

Meski biasanya harganya sangat miring, tetapi membeli motor bekas kecelakaan tetap butuh pemeriksaan khusus. Beberapa komponen yang perlu dipastikan masih dalam keadaan baik di antaranya: 

 

  1. Mesin 

 

Pastikan kondisi mesin motor masih dalam keadaan baik. Jika kurang mengerti mesin, ajaklah orang yang memahami mesin untuk mengecek motor bekas yang akan dibeli. 

 

Cobalah hidupkan mesin, dan cek pada putaran gas bawah mesin masih menyala atau mati. Biasanya, jika mesin masih bagus maka mesin akan tetap menyala pada putaran gas bawah. 

 

  1. Bodi Mesin 

 

Pastikan bodi mesin masih mulus, jika bodi mesin sudah banyak berubah baiknya jangan dibeli. Motor yang pernah kecelakaan, biasanya akan ada bekas jatuh. Kendali motor akan berubah pada motor yang pernah alami kecelakaan yang parah, inilah mengapa perlu benar-benar diperiksa. 

 

Setelah memastikan mesin dan bodi dalam keadaan oke, cobalah untuk menggunakan sepeda motor bekas yang akan dipakai. Fase ini yang sangat penting. Jika sepeda motor dirasa ada ketidaknyamanan sedikit saja, baiknya pertimbangkan lagi untuk membelinya. 

 

Tetapi, jika sepeda motor dirasa nyaman dan tak ada masalah, berarti aman untuk dibeli. Itu dia hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli sepeda motor bekas.