3
1156

MotoGP Catalunya : Stoner Kian Dekati Puncak

GILAMOTOR.com, Catalunya. – Dari seri ke seri pebalap tim pabrikan Honda, Casey Stoner, makin mantap menuju juara klasemen semantara dan bahkan juara dunia MotoGP 2011. Setelah seri Le Mans, Perancis, Stoner kembali menjadi juara di seri Catalunya, Spanyol, Minggu (5/6).

Start dari posisi ke dua, Stoner sempat tertinggal oleh Lorenzo yang memulai balapan dari posisi ke tiga. Namun memasuki lap ke dua, Stoner berhasil melewati Lorenzo dan terus melaju hingga akhir balapan yang digelar sebanyak 25 putaran di sirkuit Catalunya, Spanyol.

Dengan hasil fantastis ini, Stoner berhasil menambah koleksi angka menjadi 91 poin dan hanya selisih 7 poin dari juara dunia MotoGP 2010 Lorenzo yang mengkoleksi angka sebanyak 98 poin.

Performa Stoner dan Honda RC212V yang mantap, menjadi ancaman besar bagi Lorenzo dan khususnya tim pabrikan Yamaha karena Honda berpeluang besar merebut gelar juara dunia MotoGP musim 2011 ini.

Di sisi lain, Marco Simoncelli yang memulai balapan dari posisi pertama seperti kehilangan taji. Saat lampu hijau menyala tanda balapan dimulai, pebalap San Carlo Gresini ini melorot ke posisi 6 dan tak beranjak hingga balapan usai. Simoncelli tampil tak seagresif biasanya.

Kejutan justeru datang dari pebalap Yamaha, Ben Spies. Sejak balapan dimulai, Spies berada di posisi tiga dan bertahan hingga balapan usai. Tak pelak, pebalap asal Amerika Serikat ini mampu meraih podium pertamanya di MotoGP musim 2011 ini.

Memasuki putaran ke 13, Marshal mengibarkan bendera putih karena cuaca sempat berubah dan mulai sedikit turun hujan. Tim balap pun mulai mempersiapkan motor cadangan yang telah menggunakan ban basah untuk melewati balap di lintasan basah. Namun hingga akhir balapan, penggantian motor tak terjadi dan balapan terus berlangsung hingga akhir.

Pos.

Pebalap

Tim

Motor

1 Casey Stoner Repsol Honda Honda RC212V
2 Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing Yamaha M1
3 Ben Spies Yamaha Factory Racing Yamaha M1
4 Andrea Dovizioso Repsol Honda Honda RC212V
5 Valentino Rossi Ducati Marlboro Ducati GP11
6 Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini Honda RC212V
7 Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 Yamaha M1
8 Nicky Hayden Ducati Marlboro Ducati GP11
9 Hiroshi Aoyama San Carlo Honda Gresini Honda RC212V
10 Karel Abraham Cardion AB MotoRacing Ducati GP11
11 Hector Barbera Aspar Team Ducati GP11
12 Alvara Bautista Rizla Suzuki Suzuki GSV-R
13 Toni Elias LCR Honda Honda RC212V

Penulis/Foto : @jayadi72 / MotoGP

3 COMMENTS

  1. “Saat lampu hijau menyala tanda balapan dimulai”
    Di GP Catalunya startnya ada lampu hijaunya yaa ??