Pentingnya Reflektor Mata Kucing, Jangan Disepelekan
0
98

Pentingnya Reflektor Mata Kucing, Jangan Disepelekan

Banyak pengendara mungkin belum memahami fungsi reflektor mata kucing pada sepeda motor. Penempatan reflektor mata kucing ini bisa di bagian depan atau belakang motor. 

 

Reflektor mata kucing bisa dipahami sebagai perangkat optik yang dirancang khusus untuk memantulkan cahaya kembali ke sumbernya dengan intensitas maksimum. Reflektor mata kucing biasanya terbuat dari bahan retro reflektif khusus yang berkemampuan memantulkan cahaya secara efisien. 

 

Berikut ini beberapa fungsi dari reflektor mata kucing: 

 

  1. Menurunkan Risiko Kecelakaan 

 

Seringnya terjadi kecelakaan di malam hari biasanya disebabkan karena kendaraan yang tak terlihat. Reflektor mata kucing ini membantu kendaraan lain terlihat sehingga menurunkan risiko kecelakaan. 

 

  1. Meningkatkan Visibilitas 

 

Yang jadi fungsi utama keberadaan reflektor mata kucing adalah meningkatkan visibilitas. Pengemudi jadi lebih mampu melihat kendaraan lain terutama di malam hari. 

 

  1. Menghemat Biaya 

 

Dengan menurunkan risiko kecelakaan, keberadaan reflektor mata kucing artinya juga menghemat biaya untuk perbaikan motor seumpama terjadi kecelakaan. Sehingga fungsinya memang sangat penting ya. 

 

Itu dia beberapa pentingnya keberadaan reflektor mata kucing pada sepeda motor. Karena keberadaannya yang sangat penting, di beberapa negara diwajibkan menggunakan reflektor mata kucing lho.