0
1101

Perayaan 50 Tahun Yamaha

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Demam perayaan 50 tahun kiprah Yamaha di Kejuaraan Balap Dunia Motor Road Race Grand Prix kental dirasakan di MotoGP musim ini. Terlebih setelah selebrasi resmi dilakukan di Assen, Belanda yang disempurnakan dengan kado istimewa kemenangan Ben Spies.

Bukan hanya di lintasan sirkuit, semarak perayaan setengah abad Yamaha di Kejuaraan Balap Dunia Motor Road Race juga digalakkan secara global di internet. Publik bisa melihatnya di facebook page Yamaha Racing dan Yamaha Jepang. Dalam laman tersebut tersedia dengan sangat lengkap semua keterangan tentang sejarah perjalanan 50 tahun Yamaha. Mulai dari race archive, history & column, movie, message & interview, download dan event.

Di kanal race archive dapat dilihat keterangan berdasarkan musim, pembalap, mesin dan arsip. Di kanal riders (pembalap) misalnya tertera daftar semua pembalap di era 1960-an sampai 2000-an serta biodata dan keterangan perjalanan membalap mereka.

Ada pula daftar jawara pembalap Yamaha berdasarkan kelasnya baik itu di MotoGP, 500 cc, 350 cc, 250 cc, 125 cc, 750 cc. Menarik lagi, dari tingkatan kelas yang berpatokan pada kapasitas mesin itu juga dijelaskan spesifikasi mesinnya secara detail dan tahun pemakaiannya. Misalnya di tahun 1974-1975 digunakan YZR500 (OW23) dengan mesin 2 tak in line 4 silinder. Motor itulah yang ditunggangi Giacomo Agostini saat menjuarai kelas 500 cc di tahun 1974.

Menurut Yamaha, kesimpulan hubungan antara musim membalap, pembalap dan mesin motornya bisa dilihat pada arsip. Misalnya di musim 2002 kelas MotoGP digunakan mesin YZR-M1 (OWM1) dan diperkuat lima pembalap yaitu Carlos Checa, Max Biaggi, Norifumi Abe, Olivier Jacque dan Shinya Nakano.

Di kanal history&column, lebih dijelaskan secara spesifik tentang perjalanan Yamaha di era 1955-1959, 1960-1969, 1970-1979, 1980-1989, 1990-1999 dan 2000-2010.

Bagi yang ingin memiliki foto-foto menarik tentang sejarah Yamaha bisa mengakses kanal download. Foto-foto yang disediakan bisa digunakan untuk wallpaper, screensaver, memorial poster dan paper craft.

Sedangkan pada kanal event memuat acara-acara yang berkaitan dengan perayaan 50 tahun Yamaha di Kejuaraan Balap Dunia Motor Road Race Grand Prix. Seperti event Communication Plaza Exhibition Celebrates 50 Years of Yamaha GP Racing yang digelar di Yamaha Communication Plaza di Jepang, 8 April sampai 28 Mei.

Perayaan 50 tahun Yamaha di Kejuaraan Balap Dunia Motor Road Race Grand Prix juga memperlihatkan eratnya hubungan antara Yamaha dan mantan-mantan pembalapnya layaknya keluarga besar yang tak terpisahkan.

Hubungan ini nyata terlihat di Assen dengan kehadiran para legenda Yamaha seperti Giacomo Agostini dan Phil Read. Agostini bahkan diberikan kehormatan mengitari sirkuit Assen satu lap dengan menunggangi motor bersejarah Yamaha yang membawanya menjadi juara dunia.

Dengan memberikan tempat sebagai undangan terhormat di Assen bagi para legenda Yamaha dan juga menempatkan mereka dalam catatan sejarah perjalanan 50 tahun Yamaha di situs resmi Yamaha Jepang dan mempublikasikannya di jejaring sosial Facebook, artinya Yamaha selalu menginginkan para mantan pembalapnya berada di lingkaran keluarga besar Yamaha.