0
741

Polisi Honolulu Pakai BMW R1200RT-P

GILAMOTOR.com. – BMW Mottorad mengabarkan bahwa pihaknya melanjutkan kerjasama dengan Departemen Kepolisian Honolulu untuk jangka waktu 12 tahun.

Kerja sama ini dimulai dengan mengirimkan 34 unit motor polisi dari varian BMW R1200RT-P. Pengiriman unit dilakukan secara bertahap hingga akhir Juni mendatang. Motor baru ini rencananya akan menggantikan motor polisi Honolulu yang lama.

Para anggota kepolisian menggunakan motor tersebut untuk melakukan patroli di sepanjang kota Honolulu. Selain itu, unit motor ini juga digunakan untuk melakukan parade pengawalan dan melakukan pengawalan bagi para tokoh penting yang datang. Dan juga untuk berpartisipasi didalam event-event komunitas yang diselenggarakan oleh Honolulu, seperti program sekolah.

BMW mengklaim bahwa motor ini dibangun dengan tekhnologi tinggi. Seperti perlengkapan dan fiturnya, telah menjadi ciri khas dari motor BMW tersebut. Hal ini membuat motor tersebut menjadi investasi jangka panjang yang terbaik bagi Departemen Kepolisian.

Frank Stevens, Manager Program dari BMW Motorrad USA menjelaskan, “BMW Motors hadir dengan perlengkapan yang lengkap seperti lampu, sirine, sistem elektrik yang memiliki performa tinggi, sistem pendingin, radio, seperti halnya permintaan perlengkapan-perlengkapan lainnya yang telah diminta secara khusus oleh Departemen kepolisian Honolulu. Hal ini menghemat waktu serta uang yang dikeluarkan apabila perlengkapan tersebut dibeli secara terpisah dan lalu memasangnya satu persatu,” ujar Frank.

Model R 1200 RT-P (P untuk seri Polisi) diambil dari desain model BMW R1200RT. Tetapi motor ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperlukan oleh anggota kepolisian untuk penggunaan resmi. Model ini dibekali kekuatan mesin twin boxer overhead cam 2 silinder yang menghasilkan tenaga hingga 110 tenaga kuda pada 7,750 rpm.

BMW juga menjelaskan bahwa motor ini memiliki beberapa keunggulan seperti konsumsi bahan bakar terhemat dikelasnya. Hal ini dapat menghemat beberapa ribu dollar bagi departemen kepolisian Honolulu.

Jangka waktu service nya cukup panjang, yakni mecapai 6000 mil untuk penggantian oli dan juga perawatan.

BMW juga memberi garansi motor yang sangat komprehensif (39 bulan/60.000 mil). Mencakup semua perlengkapan yang ada. Bukan hanya mesin motornya saja.

Output kelistrikan yang tinggi dengan 52 A (720 w). Alternator menghasilkan 27 A pada saat idle. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan ABS pada rem depan yang independent. Untuk kontrol yang optimal pada saat kecepatan tinggi, atau juga pada saat lalu lintas padat.

Penulis/Foto : Radith/BMW Mottorad