Dok. Foto: Motorsport.com
0
175

Resmi, Marc Marquez Tinggalkan Honda di Akhir 2023!

Media belakangan ramai membahas kabar hengkangnya pembalap MotoGP Marc Marquez dari Honda akhir musim 2023 ini. Keputusan ini diumumkan oleh Honda pada Rabu (4/10/2023), sebelumnya santer kabar juara dunia MotoGP enam kali tersebut akan bergabung dengan Gresini Ducati.

“Honda Racing Corporation dan Marc Marquez telah sepakat untuk mengakhiri kontrak empat tahun sebelum waktunya pada akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023,” tulis Honda Racing Corporation (HRC) dalam pernyataan resminya, Rabu (4/10/2023).

“Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setelah selesainya musim 2023. Kedua belah pihak sepakat demi kepentingan terbaik, masing-masing pihak akan mencari cara lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target masing-masing,” lanjut pihak Honda.

Marquez bergabung dengan Honda sejak awal kariernya di MotoGP. Bersama Honda, Marc Marquez meraih enam kali juara dunia. Karier pembalap asal Spanyol ini bisa dibilang moncer, ia langsung jadi juara dunia MotoGP di tahun pertamanya pada 2013.

Ia mencatatkan juara dunia di musim 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Sayangnya, pembalap 30 tahun ini mengalami kecelakaan cukup fatal pada awal MotoGP 2020.

Akibat kecelakaan tersebut, Marquez harus menjalani beberapa operasi untuk tulang humerus kanannya. Setelah kecelakaan, performa Marquez menurun.

Beberapa rumor menyebut, kemampuan motor Honda jadi salah satu faktor yang memengaruhi menurunnya prestasi Marquez. Honda disebut belum bisa menandingi performa Ducati.

Dalam unggahannya di Instagram, Marquez mengucapkan salam perpisahan dan terima kasih pada Honda.

“Terima kasih atas 11 tahun bersama. Kita telah berbagi momen-momen tak terlupakan: 6 Kejuaraan Dunia, 5 Triple Crowns, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole position. Tawa, air mata, kegembiraan, momen sulit, tetapi yang paling penting: hubungan yang unik dan tak terulang. Terpisah, tetapi selalu bersama,” tulis Marquez di Instagram resminya.