0
781

Stoner Raih Pole : Pembuktian Stoner

GilaMotor, AUSTRALIA.- Setelah mengungkapkan akan mendapat keuntungan dari karakter sirkuit Phillip Island, Stoner berhasil membuktikannya dengan meraih pole. Stoner yang kenal betul dengan karakter Phillip Island dengan trek dan tikungan cepat nya, sangat sesuai dengan karakter Desmosedici GP10 yang liar.

Sejak awal sesi kualifikasi MotoGP Phillip Island (16/10), Stoner terus menunjukkan kecepatannya dengan terus meraih catatan waktu tercepat. Kendati posisinya sempat tergeser oleh pembalap Yamaha, Ben Spies, namun Stoner berhasil mempertahankan posisinya kembali hingga sesi kualifikasi usai.

Trek lurus dan tikungan cepat di sirkuit pinggir laut ini jelas memberi keuntungan besar bagi Stoner. Selain sebagai pembuktian bahwa dirinya akan meraih hasil terbaik di Phillip Island, juga sebagai hadiah terakhir bagi para fan dan penggemar Ducati di Negara asalnya, Australia.

Sepanjang kualifikasi, Stoner terus dibayangi pembalap Yamaha. Namun hasil akhir membawanya sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 30.107 detik.

Lorenzo yang harusnya besok berlomba tanpa beban, hanya mencatat waktu tercepat 1 menit 30.775 detik yang membawanya berada di posisi kedua.

Sementara itu, pembalap tim satelit Yamaha, Ben Spies, kembali memberi kejutan dengan torehan waktunya, 1 menit 31.386 detik. Setelah sempat mencatatkan waktu tercepat di pertengahan waktu sesi kualifikasi, namun akhirnya direbut kembali oleh Stoner dan Lorenzo yang menempatkan dirinya di posisi tiga.

Hasil yang diraih Ben Spies tentu bukanlah hasil yang buruk mengingat ini adalah musim perdananya di MotoGP. Dalam balapan besok, Spies akan start dari baris terdepan bersama Stoner dan Lorenzo.

Di baris kedua ditempati oleh pembalap San Carlo Honda Gresini, Marco Simoncelli di posisi empat dan disusul oleh Collin Edwards diposisi lima serta Nicky Hayden di posisi enam.

Sementara Rossi dan Dovisiozo akan memulai balapan besok dari baris ketiga bersama Randy de Puniet.

Dani Pedrosa yang baru saja menjalani operasi tulang selangka, belum bisa tampil maksimal dalam sesi kualifikasi MotoGP Phillip Island. Pembalap andalan Repsol Honda ini hanya mampu menempatkan dirinya diposisi lima belas.

Sesi balapan di Phillips Island besok akan menjadi bukti siapa yang tercepat dan menjadi pemenang di sirkut ini. Pedrosa yang mengungkapkan bahwa pertarungan belum usai tentunya akan bertarung habis-habisan untuk mempertahankan gelar runner up nya.

Lorenzo yang sudah jelas meraih gelar juara dunia, dipastikan akan bertarung tanpa beban. Rossi yang terlihat mulai kembali berkibar, akan berusaha keras mengganjal sang tuan rumah, Cassey Stoner, untuk kembali meraih podium pertama.

Rookie terbaik, Ben Spies, juga tak bisa dipandang sebelah mata dan Dovisiozo yang terkadang menjadi sangat cepat, siap menjegal lawan-lawannya.

So.. Siapakah yang akan menjadi yang tercepat di Phillip Island ini? Kita tunggu aksi mereka besok.

Penulis/Foto : Jay/MotoGP