Dok. Foto: Wikihow.com
0
194

Tiba-tiba Rem Motor Blong di Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Rem motor tiba-tiba blong adalah salah satu permasalahan motor yang paling menakutkan bagi pengendara. Pasalnya, kadang pengendara tidak siap dan panik sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghadapi rem blong. Pengendara harus tenang saat menghadapi kondisi ini agar kondisi tak membahayakan.

Soal penyebabnya sendiri, biasanya disebabkan karena kampas rem aus atau rem terlalu panas. Selain itu, teknik pengereman yang keliru di jalanan yang menurun juga bisa menjadi penyebab rem blong.

Berikut beberapa cara mengatasi rem blong untuk meminimalkan risiko yang ditimbulkan:

1. Tetap tenang

Dengan bersikap tenang, kita akan mengurangi risiko melakukan tindakan lain yang berbahaya saat mengalami rem blong. Pasalnya, orang panik sering melakukan kesalahan yang tak disengaja seperti justru menarik gas kencang-kencang saat rem blong.

Dengan berpikir tenang, kita bisa melakukan tindakan penyelamatan untuk meminimalkan risiko.

2. Segera beri tanda ke pengendara lain

Saat mengalami rem blong, segera beri tanda pada pengendara lain tentang kondisi yang dialami. Dengan memberi tanda ke pengendara lain akan membuat risiko tabrakan berkurang. Pengendara lain juga bisa memberikan jalan saat rem kita blong.

Cara memberikan tanda ke pengendara lain adalah dengan klakson dan lampu sein. Jika ada pengendara yang menyadari ada yang tengah mengalami rem blong, biasanya mereka akan membantu memberikan tanda ke pengendara lainnya agar menyingkir.

3. Jauhi jalanan yang ramai

Pengendara harus berusaha mengurangi kecepatan motor. Caranya, jika motor manual dengan engine brake sementara motor matic dengan mengelola gas. Selain itu, pengendara harus berusaha mencari tempat kosong, luas, dan jauh dari keramaian sebagai tempat tujuan pemberhentian saat rem blong. Tujuannya untuk mengurangi risiko insiden dan jumlah korban.

Untuk itu, poin pertama yakni sikap tenang saat diperlukan saat melakukan aksi ini. Pasalnya, hal ini untuk keselamatan banyak orang.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat rem blong. Selain beberapa tips tersebut ada juga langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Jangan lupa untuk mengganti kampas rem secara berkala. Kampas rem yang sudah aus bisa sangat berisiko menyebabkan motor tiba-tiba mengalami rem blong saat digunakan.

Selain itu, selalu servis motor secara berkala agar kendaraan selalu dalam kondisi prima. Jangan lupa juga mengganti oli tepat waktu agar mesin motor bekerja optimal.