Dok. Foto: atcdn.co.uk
0
376

Tips Beli Skuter Matic Bekas, Apa Saja yang Harus Diperiksa?

Skuter matic kini menjadi idola banyak orang. Motor yang pengoperasiannya mudah ini terus ramai di pasaran otomotif Indonesia. Sayangnya, skuter matic dari beragam merek memiliki harga yang lumayan tinggi.

Karena itu, skuter matic bekas dengan harga cukup miring jadi pilihan banyak orang. Namun, ketika akan membeli skutik bekas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Berikut beberapa tips sebelum membeli skutik bekas:

1. Jarak tempuh

Sebelum membeli skutik, jarak tempuh bisa menjadi salah satu patokan untuk menilai kondisi skutik tersebut. Jika jarak tempuhnya di bawah 20 ribu km, umumnya kondisi skutik masih bagus.

Jika jarak lebih dari 20 ribu km, perlu dilakukan pengecekan lebih banyak soal kondisi skutik tersebut. Selain itu, perlu ditanyakan lebih lanjut kepada pemilik motor soal kondisi motor.

2. Cek kondisi bodi

Kondisi bodi skutik juga harus dicek, pastikan tak ada lecet yang parah atau bekas tabrakan. Selain itu pastikan kondisi dek bawah apakah ada banyak karat atau tidak. Pasalnya, jika ada banyak karat artinya skutik tersebut kemungkinan pernah terendam banjir.

Selain itu, perlu juga melihat kondisi sparepart bodi apakah masih asli atau sudah diganti. Jika masih asli, berarti kondisi lebih baik, jika sudah diganti harganya biasanya lebih murah.

3. Lihat kondisi kaki-kaki

Bagian kaki-kaki skutik juga harus dipastikan kondisinya masih baik. Bagian yang perlu dilihat terutama pada bagian fork.

Bagian fork dan shock harus dipastikan kondisinya masih bagus. Untuk memastikan kondisinya baik, calon pembeli perlu mencoba motornya apakah ada gejala berat ke kiri atau kanan. Bisa jadi fork-nya bermasalah. Untuk shock, pastikan bantingannya masih nyaman dan tak ada kebocoran.

4. Kelistrikan

Kelistrikan pada skutik juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Masalah yang biasanya ada pada sein dan kabel spido yang putus.

Sebenarnya, hal ini mudah diperbaiki tapi alangkah baiknya memilih skutik yang tak bermasalah. Jangan sampai setelah dibeli, muncul masalah yang perlu mengeluarkan biaya lagi.

5. Mesin dan CVT

Ini komponen penting yang harus diperiksa dan benar-benar dipastikan kondisinya masih baik sebelum skutik tersebut dibeli.

Untuk mesin, pastikan kita membeli skutik yang mesinnya belum pernah dibongkar. Untuk mengecek mesin, perlu membuka bagasi di bawah jok, lalu lihat segel-segel warna kuning. Kalau segelnya tak ada berarti pernah turun mesin.

Sementara untuk CVT, perlu mengetes langsung skutik tersebut apakah mulus atau ada rasa gredek. Lalu jika suara CVT masih halus, berarti masih bagus. Apabila ada suara tak enak, lebih baik tak membeli skutik tersebut.