Dok. Foto: Thedriven.io
0
368

Tips Memilih Outfit Untuk Touring Jauh

Ketika melakukan touring jarak jauh pastinya kita ingin merasa nyaman saat di jalan. Selain kendaraan yang harus dipersiapkan agar prima, penting juga memilih outfit yang tepat agar perjalanan terasa makin menyenangkan.

Touring dengan motor jarak jauh membutuhkan outfit yang tepat. Pakaian juga menjadi salah satu pelindung di jalan. Baik dari kerikil, debu, maupun terpaan angin.

Nah, berikut beberapa tips memilih outfit untuk touring:

1. Gunakan baju dalaman yang nyaman

Biasanya pelaku touring menggunakan kaus pendek untuk baju dalamnya sebelum mengenakan jaket. Baju dalaman ini harus senyaman mungkin agar perjalanan juga berjalan nyaman.

Baju dalaman ini disarankan tidak mengenakan bahan cotton pasalnya bakal bikin keringat dan lebih lama kering. Lebih disarankan menggunakan inner layer berbahan Dri-Fit karena membuat keringat cepat kering.

Jika keringat cepat kering, otomatis kita tidak akan merasakan terlalu gerah saat touring. Pasalnya, touring jarak jauh biasanya akan melewati banyak jalan dan banyak kondisi.

2. Gunakan jaket yang mumpuni

Jaket ini sangat penting saat touring jarak jauh dengan motor. Ada beberapa tipe jaket yang bisa digunakan untuk touring tergantung kebutuhannya.

Jaket touring sendiri ada jenis khususnya yang sengaja dirancang untuk pemotor yang akan melakukan perjalanan jarak jauh. Biasanya jaket touring dibuat senyaman mungkin, tapi juga didesain dengan fitur dan desain yang bisa memberikan perlindungan saat berkendara.

Sebaiknya jaket terbuat dari bahan waterproof (tahan air) dan windproof (tahan angin) dan dilengkapi dengan pelindung di siku dan bahu supaya kondisi badan pengendara tetap hangat dan juga terlindungi selama perjalanan touring.

3. Gunakan celana jeans yang tepat

Jangan asal menggunakan celana jeans untuk touring. Pilihlah celana jeans yang nyaman dan melindungi di perjalanan.

Yang perlu diperhatikan adalah pilih kain celana yang tebal dan kuat. Selain itu juga pilih yang waterproof. Ada juga celana yang memiliki perlindungan khusus di lutut sehingga tidak cedera saat jatuh.

4. Sepatu touring

Gunakan sepatu touring bertipe tinggi sampai bawah lutut. Karena sepatu semacam ini akan membuat tetap hangat saat berkendara di malam hari.

5. Rompi motor

Biasanya bikers juga menambahkan rompi motor saat touring. Tetapi pastikan bahannya lembut dan ringan. Karena akan sangat melelahkan jika rompi motor terasa berat.

Warna rompi motor baiknya juga tidak gelap, jika pun hitam baiknya ada warna oranye atau kuning di rompi agar tetap terlihat saat malam hari.

Itu dia beberapa tips memilih outfit untuk touring. Selain outfit, jangan lupa selalu pastikan kendaraan dalam kondisi prima saat akan melakukan touring.