Tips Menekan Biaya Perawatan Motor
0
50

Tips Menekan Biaya Perawatan Motor

Agar performa selalu baik dan aman digunakan sehari-hari, sepeda motor harus dirawat dengan baik. Salah satunya yakni dengan melakukan servis rutin. 

 

Saat servis rutin, akan diperiksa komponen yang sudah aus atau mengalami masalah agar segera bisa diperbaiki. Semakin banyak komponen yang rusak, tentu saja biaya pengeluaran untuk servis motor semakin banyak. 

 

Berikut ini beberapa tips agar menekan biaya perawatan motor: 

 

  1. Ganti Oli Secara Berkala 

 

Jangan pernah terlambat untuk mengganti oli secara berkala. Pasalnya, terlambat mengganti oli dapat memicu kerusakan pada komponen-komponen mesin sehingga biaya perawatan yang dikeluarkan bisa lebih banyak. 

 

  1. Rutin Cuci Sepeda Motor 

 

Mencuci sepeda motor bukan hanya membuat tampilan motor menjadi bersih, tetapi juga membuat kotoran yang menempel di komponen-komponen motor jadi berkurang sehingga sepeda motor bisa lebih bekerja secara maksimal. Selain itu, rutin mencuci sepeda motor juga merawat bodi motor agar tak karatan. 

 

  1. Lumuri Minyak Pada Rantai Motor Secara Berkala 

 

Rantai motor bisa berkarat jika tak terlumuri minyak. Bahkan, rantai bisa putus jika kurang minyak. Jadi, jangan lupa untuk rutin melumuri rantai dengan minyak. 

 

  1. Periksa dan Bersihkan Busi 

 

Salah satu tips untuk menghemat biaya perawatan motor adalah dengan rajin mengecek dan merawat busi motor. Ujung busi yang berwarna hitam perlu dibersihkan dengan sikat agar tetap bisa bekerja dengan baik. 

 

  1. Bersihkan Filter dan Karburator 

 

Filter dan karburator juga perlu untuk diperiksa dan dibersihkan secara berkala. Cara membersihkan karburator ialah dengan menggunakan cairan pembersih karburator lewat lubang busi. Sementara untuk filter dengan cara mencampurkan sedikit cairan pembersih filter setelah mengisi bensin. 

 

Itu dia beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya perawatan sepeda motor. Selamat mencoba.