Tips Merawat Jas Hujan Agar Awet dan Tak Gampang Rusak
0
106

Tips Merawat Jas Hujan Agar Awet dan Tak Gampang Rusak

Hujan yang tengah kerap melanda di Indonesia membuat pemakaian jas hujan tak terhindarkan. Di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia yang curah hujannya tinggi, keberadaan jas hujan memang sangat penting. 

 

Penting juga untuk merawat jas hujan agar awet dan tak gampang rusak. Harga jas hujan yang cukup mahal tentu bisa diirit dengan perawatan yang baik. 

 

Berikut ini beberapa tips merawat jas hujan agar awet: 

 

  1. Bersihkan Setelah Digunakan 

 

Kebiasaan langsung melipat jas hujan setelah digunakan baiknya segera ditinggalkan. Setelah dipakai, jas hujan segera dibersihkan dengan dibilas dengan air bersih terlebih dahulu. 

 

Membersihkan jas hujan akan membuat debu dan kotoran yang menempel akan hilang. Apabila tak ada air bersih, jas hujan juga bisa dibersihkan dengan kain sintetis. 

 

  1. Keringkan Jas Hujan 

 

Setelah jas hujan dibersihkan, keringkan dengan cara menjemurnya di tempat kering. Setelah air tuntas, baru jas hujan bisa dilipat dan dimasukkan ke jok motor. 

 

  1. Jangan Cuci Jas Hujan Dengan Detergen 

 

Mungkin beberapa orang berpikiran mencuci jas hujan dengan detergen akan membuat jas hujan jadi lebih bersih. Tetapi, ternyata mencuci jas hujan dengan detergen justru bisa merusak bahan jas hujan sehingga berpengaruh pada kualitasnya. Untuk itu, baiknya cuci jas hujan dengan air bersih mengalir saja. 

 

  1. Jangan Dijemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung 

 

Menjemur jas hujan juga baiknya jangan di tempat yang langsung terpapar sinar matahari karena bisa merusak bahannya. Baiknya di tempat teduh yang tak basah. 

 

Itu dia beberapa tips merawat jas hujan agar lebih awet dan tak mudah rusak. Selain itu, pastikan menyimpan jas hujan di tempat yang benar. Caranya yaitu dengan disimpan pada tas kecil.