Dok. Foto: Vespa India
0
427

Vespa VXL 125, Versi Murah Dari LX 125, Segini Harganya

Selama ini Vespa LX 125 dianggap sebagai vespa termurah di Indonesia yang dibanderol sekitar Rp44,5 juta di Jakarta. Tapi, ternyata ada vespa matic yang jauh lebih murah dari Vespa LX 125, yakni Vespa VXL 125.

Sayangnya Vespa ini baru meluncur di India dan belum dipasarkan di Indonesia. Desain dari Vespa VXL 125 sama seperti Vespa pada umumnya yakni serba membulat. Desainnya pun mirip dengan Vespa LX 125 versi Indonesia.

Meski jika dilihat dari segi fitur biasa saja, namun Vespa VXL 125 tetap memenuhi standar sebagai skutik modern yang tampak apik dan menyenangkan untuk dinaiki.

Panel instrumennya sudah semi digital dengan speedometernya masih dengan jarum tetapi untuk indikator BBM dan tripmeternya sudah digital. Lampunya juga sudah menggunakan LED yang lebih kekinian dengan pencahayaan yang maksimal.

Untuk mesinnya, skutik retro Vespa VXL 125 ini menggunakan 124,45 cc silinder tunggal SOHC berpendingin udara. Mesin tersebut diklaim memiliki tenaga 97 dk @7.500 rpm dengan torsi 9,6 Nm @5.500 rpm.

Dok. Foto: Vespa India

Uniknya lagi, vespa matic ini masih dibekali tuas kick starter, hal ini tak ditemukan di skutik Indonesia lho. Suspensi depan pada kaki-kaki VX 125 diadopsi dari sistem single side arm hydraulic khas Vespa. Suspensi belakang menggunakan suspensi dual-effect hydraulic adjustable 4-settingan.

Sistem pengeremannya bagian depan menggunakan rem cakram yang memiliki diameter 200 mm sistem hidrolik. Sementara rem belakang menggunakan tromol 140 mm. Pada sistem pengeremannya memang belum pakai ABS (Anti lock braking system), tapi sudah ada CBS (Combined braking system).

Untuk harganya, Vespa VXL 125 di India dibanderol dengan harga sekitar Rp23,5 jutaan. Harga ini dibilang sangat murah untuk skutik modern. Bikin makin penasaran ya, berminat memiliki?