Photo : Yamaha
0
1608

Yamaha Tambah Kelas Khusus Teknik Sepeda Motor di 4 Sekolah Kejuruan

GILAMOTOR.com – Empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya, Jambi, Pontianak dan Lampung menjadi titik lanjutan dukungan Yamaha Indonesia terhadap pendidikan Indonesia. Sebagai penunjang Kelas Khusus Yamaha (KKY) yang sudah diresmikan, Yamaha memberikan unit motor, mesin, peralatan praktik dan membuat bengkel di ruang praktik SMK juga ruang teori dengan standar Yamaha.

Program yang dijalankan pada periode Oktober dan November 2014 ini dibuat sebagai media untuk menyalurkan pengetahuan tentang otomotif, khususnya teknologi sepeda motor. Tujuannya jelas menghasilkan lulusan SMK yang handal dan bersaing di era perdagangan bebas.

Lulusan dari SMK dengan status Kelas Khusus Yamaha akan mendapatkan sertifikat Bronze, setara dengan Teknisi Tingkat Menengah. Peresmian tersebut merupakan bagian dari kerjasama Yamaha dengan 532 SMK di Seluruh Indonesia.

Peresmian KKY di Jambi dilaksanakan di SMK Batanghari dimana ini menjadi SMK pertama yang berstatus SMK KKY di Jambi. Kepala Sekolah SMK Batanghari, Mustakim,S.T menuturkan bahwa sebuah kehormatan untuk bisa mendapatkan kesempatan menjadi sekolah binaan Yamaha setelah bersaing dengan 32 SMK yang ada. ”Dengan adanya kelas ini kami berharap lulusan yang lahir dari sini bisa langsung siap kerja, karena telah dibekali ketrampilan yang mumpuni yang pada akhirnya bisa mengurangi jumlah pengangguran,” ujarnya.

KKY di Surabaya bertempat di SMKN 2 Surabaya. Total donasi ada 34 mesin dan 30 unit sepeda motor dengan teknologi ter-update ( Fuel injection ). Dalam acara ini donasi diberikan langsung oleh Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Teddy Cahyadi Jacob. Hadir juga Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Harini yang meminta lulusan SMK memiliki kemampuan, keterampilan dan kesiapan dalam bekerja agar memiliki daya saing yang baik di dunia kerja.

Ke depannya akan dievaluasi ketrampilan siswa SMK sesuai dengan standar pabrikan-Yamaha melalui uji kompetensi pada Februari 2015. Di akhir acara ada penyerahan Sertifikat KKY kepada SMK 2 Surabaya serta penandatanganan MOU donasi kepada 22 SMK.

Peresmian di Pontianak dihadiri oleh Bapak Syafrudin  selaku Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi. Peresmian tersebut berlangsung di SMK PGRI Pontianak yang berstatus SMK KKY, dihadiri juga perwakilan 4 sekolah binaan Yamaha yang mendapatkan donasi yaitu SMK Putra Khatulistiwa, SMK N 1 Sengah Temila, SMK N 1 Sandai, dan SMK N1 Kendawang. Donasi yang diberikan berupa mesin dan unit motor kepada keempat SMK tersebut.

Lalu, peresmian juga dilakukan di salah satu SMK KKY di Metro Lampung yang diwakili oleh SMK KP Gajah Mada yang merupakan SMK KKY ketiga. Pelopor SMK KKY pertama di Sumatera adalah SMK 2 Mei Bandar Lampung dan kedua adalah SMK Yapema. Pada acara tersebut juga diadakan seminar yang diikuti lebih dari 300 peserta terdiri dari Kepala Sekolah, guru, siswa, orang tua siswa dan berbagai tamu undangan lainnya.

Acara peresmian lebih semarak karena terdapat acara cerdas cermat, lomba kencang dan irit (kencrit), free service dan donasi kepada 17 SMK lainnya. Peresmian tersebut dihadiri oleh Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Teddy Cahyadi Jacob dan Bapak Kayadi selaku perwakilan Walikota Metro Lampung.

Seluruh kegiatan peresmian oleh Yamaha ini juga diisi dengan seminar teknologi injeksi yang diterapkan di sepeda motor YZF R15 maupun R25 dan informasi perkembangan teknologi terakhir pada sepeda motor. Dengan begitu, baik guru & siswa mengetahui perkembangan dan kemajuan teknologi injeksi terkini dari Yamaha. Ada juga Juga sesi test ride sepeda motor injeksi Yamaha untuk para tamu undangan. Serta pemberian diskon khusus untuk siswa yang berprestasi di acara tersebut.