1
1058

YRA : Program Cetak Pembalap Profesional

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Melanjutkan komitmennya untuk terus mengembangkan dunia balap nasional, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kembali menghadirkan program Yamaha Rading Academy (YRA) untuk mencetak bibit pembalap muda berbakat.

“Yamaha terlahir kental dengan gen motorsport, karena itu hingga sekarang Yamaha selalu berkontribusi aktif dengan prestasi yang menunjang di dunia balap, baik lokal seperti motoprix dan Indoprix hingga internasional melalui WSBK dan MotoGP. Hari ini kami meluncurkan YRA sebagai arena pembinaan pembalap muda Yamaha untuk dididik menjadi pembalap profesional dan siap berkompetisi hingga balapan dunia,” ujar Eko Prabowo, General Manager Promotion and Motorsport PT YMKI di Pisa Cafe Menteng, Jakarta, Jumat(25/5).

Program yang sudah berjalan Sejak  tahun 2004 ini, kini difukuskan untuk pengembangan skil dan attitude para pembalap agar memiliki sikap layaknya seorang pembalap professional.

Pelatihan akan dipusatkan di Sirkuit Sentul dan dibagi dalam tiga gelombang. Gelombang pertama berlangsung 31 Mei hingga 2 Juni, gelombang dua digelar 12 – 14 Juli, dan gelombang tiga berlangsung 1 – 3 November.

“Hingga saat ini sudah terjaring sebanyak 87 pembalap muda dari 34 tim balap Yamaha di seluruh Indonesia dengan rentang usia 12 – 18 tahun,” terang Ari Wibisono, Manager Motorsport YMKI yang sekaligus menjabat sebagai Manager YRA ini.

Ari menjelaskan, program YRA 2011 ini menggunakan kurikulum baru. Dia menjelaskan, dalam pelatihan ini semua pebalap akan mendapatkan materi, mulai dari riding skill, learning track, basic motocross, pelatihan fisik, communication skill hingga motivasi serta gizi atau nutrisi.

Semua materi tersebut, kata Ari, mengacu pada kurikulum internasional pelatihan pembalap profesional. “YRA tidak mencetak pebalap secara instan namun melalui tahapan pembinaan yang benar yang hasilnya tidak akan muncul dalam waktu dekat” aku Ari.

Para pembalap akan berlatih dengan menggunakan Yamaha yaitu V-ixion untuk learning track, Supermoto 250 cc, TTR125 untuk pelatihan fisik dan Yamaha YZF-R6 di Sirkuit Sentul.

“Melalui program ini, kami mencoba merubah gaya dan cara belap mereka bagaimana cara balapan yang benar. Karena motor yang akan digunakan juga berbeda,” kata Ari.

Calon peserta di pendidikan pembalap yang digagas dan dilaksanakan Yamaha sejak 2004  ini, diutamakan yang memiliki hobi dan minat di dunia balap. Selain itu, tentunya mereka juga pemakai produk Yamaha.

Penulis/Foto : @jayadi72

1 COMMENT

  1. om saya mau jdi pembalap dan sudah kepengen dari dulu tapi nggak ada yang dukung saya jadi pembalap jadi tolong saya di masukin jadi pemabalap resmi ya om.
    trim’s