3
1082

Wahana Gelar Pelatihan Jurnalistik, Biar Klub dan Komunitas Bisa Eksis Di Media

GILAMOTOR.com. – Dari segudang aktivitas bikers dari segudang klub dan komunitas yang ada di Indonesia, lebih dari separuh aktivitasnya nggak diberitakan di media massa. Mungkin ada dua alasan aktivitas klub tersebut nggak diliput atau muncul di media kesayangan macam Gilamotor.com. Benerkan kalau Gilamotor.com sudah jadi media kesayangan bro en sis semua.? Buktinya ente saban hari nge-klik dan mantengin website www.gilamotor.com terus..

Alasan pertama, klub tersebut ogah narsis. Bikin acara, ya bikin aja, tanpa ada woro-woro ke sana-sini. Alasan kedua, klub atau komunitas tersebut nggak tau harus bagaimana dan hubungi siapa biar aktivitasnya diliput atau bisa diulas oleh media kesayangan. Tapi ada satu lagi yang nggak kalah penting danmungkin jadi satu alasan juga kenapa aktivitas dan profil klubnya nggak pernah diliput media, yaitu bagaimana cara membuat tulisan sendiri untuk disebar ke media massa macam press release. Pastinya dalam beberapa kondisi nggak melulu harus mengundang media, kecuali anggota klubnya ada yang berprofesi sebagai wartawan.

Nah, biar bisa eksis di media, main dealer Honda wilayah Jakarta dan Tangerang PT Wahana Makmur Sejati (WMS) memberi pelatihan kepada klub dan komunitas motor Honda tentang dunia jurnalistik. Akhir pekan kemarin (9/3), WMS menggelar acara pelatihan jurnalistik untuk komunitas Honda di Jakarta dan Tangerang, Asosisasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).

Sebanyak 20 peserta yang berasal dari AHJ dan AHMT mendapat pelatihan jurnalistik yang disampaikan oleh bro Amir Hamzah dari majalah Motomaxx. Materi yang diberikan meliputi cara menulis yang baik dan benar. Bikers AHJ dan AHMT diajak untuk sharing seputar ilmu jurnalistik, membahas apa itu jurnalistik, ruang lingkup pekerjaannya serta dijelaskan teknis pembuatan berita yang berpedoman pada 5W+1H. Dan terakhir, peserta diajak utk membuat berita langsung atau berita lempang atau bahasa bulenya straight news. Selain mendapatkan materi menulis, para peserta juga mendapatkan pelajaran bagaimana teknik foto yang baik untuk foto berita. ”Acara ini kami berikan bagi komunitas, supaya mereka bisa membuat artikel bagi komunitasnya, selain itu, juga supaya hobi mereka dapat tersalurkan secara positif,” jelas Wiyarto Mulyono (Sakti) Corporate Comunication Head WMS.

3 COMMENTS