Klub Motor

Thursday, 4/04/13 | 14:29 WIB

Test Ride New V-Ixion Lightning Bareng Gilmoters, Freestyle Mantapp Sangatt

GILAMOTOR.com. – Kalau bicara tes ride New V-Ixion Lightning, sepertinya motor sport 150cc ini sudah ‘ditelanjangi’ oleh banyak media termasuk portal gilamotor.com. Tapi kali ini yang ngetes bukan media, melainkan anggota komunitas Gilamotor. Secara kebetulan saat mau sowan ke komunitas Gilamotor Sidoarjo yang bikin sukuran untuk hari jadi pertama mereka, portal gilamotor.com dapat pinjeman dua unit Yamaha V-Ixion Lightning dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk dibawa turing ke kawasan Jawa Timur itu. Sayang, karena ada satu dan lain hal, New V-Ixion Lightning nggak jadi ngikut ke Sidoarjo.

Di saat bersamaan, anggota komunitas Gilamotor.com juga ada yang jago freestyle. Malahan sering mentas di berbagai acara. Mereka adalah DF2, Do It For Fun, yang digawangi Caesar Reza alias Reza Kardus. Kebetulan ada tiga freestyler, Reza ‘Kardus’, Dhany ‘Khondel’ dan Donny ‘Odon’. Yasudah, New V-Ixion Lightning pun diajak bermain-main di kawasan Bintaro. Diangkat ban depannya, terus diangkat ban belakangnya, terus diangkat pula dua bannya lalu bannya dibakar, pokoknya dipelonco abis oleh anggota DF2 yang juga member aktif komunitas Gilamotor Jakarta. “Biasanya pakai V-Ixion yang lama kalau mentas. Makanya penasaran juga freestyle pakai V-Ixion baru ini. Kalau dilihat, diraba dan ditrawang, pasti lebih mantaps dari generasi sebelumnya,” cuap Reza Kardus sambil menerawang.

Awalnya doi agak takut buat angkat ban depan (wheelie), soalnya tuh motor masih mulus, cakep. Katanya sayang kalau motor keren ini dipakai freestyle. “Mending buat saya aja mas bro.. Buat motor harian ke kampus dan ke kantor, daripada buat freestyle,” candanya sambil ngarep dikasih New V-Ixion. Daripada buat ente, Dus, mending buat ane. Penulis portal gilamotor.com juga perlu tunggangan baru biar pergerakan dari satu tempat ke tempat lain meliput berita jadi lebih cepat.. Semoga YIMM mengabulkan. Hehehee..

Tanpa disuruh, Reza langsung ngambil helmnya dari dalam mobil yang diparkir di parkiran diler Yamaha Mekar Bintaro di Jl. Veteran Bintaro Sektor I. Sebelum beraksi, doi geber-geber mesinnya sambil muterin lahan parkir yang juga dijadikan tempat produk display. Atraksi awal, V-Ixiong langsung diajak wheelie.. “Handling-nya mantappp sangaatt, brooo..” teriaknya sambil pegangan di stang. V-Ixion baru ini gesit dan lincah serta ringan dikendalikan baik dengan counter steering maupun counter wight. Itu akibat dari perubahan panjang rear arm yang bertambah 18mm dan pergeseran titik berat sebesar 1.7 persen. Bikin motor jadi lebih stabil. Jarak trail nya juga berubah dari 100mm jadi 90mm. Perubahan jarak trail jelas memengaruhi sudut rake yang berimbas pada kelincahan motor saat menikung.

Puas dengan atraksi wheelie, Reza bikin atraksi stoppie. “Ahhhh, enak benerrr. Meski kondisinya standar, tapi berasa banget motor ini enak diapain ajah,” teriaknya lagi sesaat setelah ban belakang kembali menempel di aspal. Meski kondisi hujan bikin lahan jadi becek, tapi berkat karet ban yang lebih besar dibanding generasi V-Ixion sebelumnya, jadi bikin PeDe. Ban depannya pakai 90/80-17 dan 120/70-17. “Motor ini lebih stabil. Rasanya beda saat stoppie, rolling stoppie, wheelie, cyrcle, sliding dibanding pakai yang lama,” aku Reza. “Motor ini memang jadi versi penyempurnaan generasi sebelumnya. Arm dan suspensinya mantaps, motor stabil banget. Nggak perlu banyak koreksi kesimbangan.”

Bicara masalah mesin, Reza juga bilang kalau New Vixion ini lebih responsif. “Nggak perlu susah-suah.. Mainin di rpm 4000 langsung cusss.. Torsinya oke.” Dengan kompresi 10.4 : 1 serta diameter x langkah 57.0mm x 58mm, mesinnya diklaim Yamaha punya luaran tenaga maksimum sampai 12,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14.5 Nm pada 7.500 rpm. “Buat Bunny Hopp juga asik walau footstep nya tidak mendukung. Soalnya footstep-nya bisa kelipet. Tapi suspensinya okeh beudd (oke banget),” timpal Donny Odon, freestyler yang masih duduk di bangku sekolah. Bunny Hopping biasanya dipakai oleh pengguna sepeda, mengangkat kedua ban di waktu bersamaan. “Motor ini berasa lebih ringan di semua sektor. Ringan handling-nya, ringan bobotnya juga,” kata Donny lagi.

Kalau bro Dhany ‘Khondel’ nggak banyak bicara tentang New V-Ixion Lightning. Dia cuma menikmati saja bermain-main di atas motor sport yang masih jadi raja motor sport 150cc di Tanah Air. “Bukannya kenapa-napa, bang.. Sayang banget nih motor baru dibuat freestyle. Nggak tega saya bang make nya. Mending buat saya aja deeehh.” Jiaahhhh… pan dah gw bilang… Gw juga mau kaleeee

Okedeh, sekian dulu masalah freestyle bareng Gilmoters pakai New V-Ixion Lightning. Next kita bermain-main di sirkuit Sentul Kecil.

Gojay

Komentari


*

500 | |

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

1 2 3 12

Klub Motor lainnya

Terbaru