62
2632

Yamaha YZF-R250, Indonesia Yang Pertama?

GILAMOTOR.com – Di helatan Tokyo Motor Show (TMS) ke-34 Yamaha benar-benar memberikan kejutan dengan menghadirkan konsep motor sport 250cc berlebel R25. Desain motor konsep 250cc ini mengambil basis desain dari YZR-M1 MotoGP, khususnya di sektor depan. Melihat dari bagian tengah ke belakang, R25 punya desain mirip YZF-R125 dengan cita rasa Eropa yang kental.

Ini memang bukan versi produksi masal motor sport 250cc Yamaha yang akan hadir di pasar, tapi prototype tanpa lampu depan, spion, sein, speedo meter, spatboard. Tapi kemungkinan besar desain versi produksinya akan sedikit berbeda dengan prototype R25 ini, namun tetap punya DNA balap yang kental.

Lupakan sejenak masalah versi prototype ini, tengok lah ke sisi jantung pacunya. Yamaha benar-benar memberi ancaman bagi pemain kelas seperempat liter seperti Ninja 250R dan CBR250R. Yamaha dengan tegas mengkonfirmasi bahwa mesinnya menggunakan konfigurasi 2 silinder segaris, DOHC, liquid cooled. Kondisi ini persis seperti yang sudah diungkapkan sumber Gilamotor.com di artikel terdahulu tentang mesin motor sport 250cc nya, “Mesinnya pakai 2 silinder. Kalau pakai 1 silinder rasanya berat untuk mendobrak pasar. Selain itu kalau 1 silinder suaranya tak jauh beda dengan mesin 150cc,” ucap sumber beberapa waktu lalu.

Indikasi menyebutkan bahwa Yamaha Indonesia akan jadi salah satu pusat produksi motor sport Yamaha 150cc dan 250cc dan akan diekspor ke babarapa negara termaksuk ke Jepang. Beberapa komponen lokal akan ada di motor ini. Karena kualitas produk dalam negeri tak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Di sisi lain, mengenai produk lokal yang akan digunakan di motor sport 250cc itu, sudah digembor-gemborkan GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia, M. Abidin. Meski tak secara langsung mengatakan bahwa produk lokal akan ada di motor sport 250cc terbarunya, tapi Abidin menegaskan bahwa produk lokal tak kalah kualitasnya dengan produk dari negara lain. Bahkan Abidin menegaskan, tahun depan di MotoGP akan ada produk asli Indonesia yang akan nempel di MotoGP. “Kualitas komponen lokal sudah mampu bersaing dengan komponen luar negeri. Lihat saja nanti di MotoGP 2014, akan ada produk dalam negeri yang nempel di MotoGP. Anda bisa lihat tahun depan,” tegas Abidin di sela-sela final Yamaha Cup Race di Sentul (17/11) kemarin.

Ucapan Abidin mengindikasikan bahwa penggunaan komponen lokal jelas bukan hal tabu untuk produk yang akan diekspor oleh Yamaha Indonesia. Hal itu justru membuat bangga dan menghidupkan industry komponen pendukung sepeda motor dalam negeri.

Bicara masalah peluncurannya di Indonesia, Gilamotor.com sudah mengulasnya di artikel sebelumnya. Menurut sumber yang Gilamotor.com temui, motor ini akan diluncurkan di Indonesia pada pertengahan 2014 mendatang. “Rencananya akan diluncurkan pada 2014,” jelas sumber.

Jika motor ini diproduksi di Indonesia, bisa jadi Indonesia akan jadi negara pertama yang akan meluncurkan YZF-R250 sebelum negara lain seperti yang dilakukan Kawasaki pada Z250. Makanya, Yamaha Jepang hanya menghadirkan prototype R25 sebagai teaser menuju peluncuran perdana YZF-R250 tahun depan. Kalau Yamaha Jepang memajang versi produksi R25, tentunya kehadiran YZF-R250 yang masih 6-7 bulan ke depan akan kurang eksklusif.

Kembali ke masalah desain, Eko Prabowo, GM Promotion and Community Development Yamaha Indonesia pernah mengatakan, “Menurut saya, desainnya sudah beyond expectation, yah. Bentuknya cantik, keren, pemilihan warnanya juga bukan warna yang follower tapi trendsetter. Pemilihan grafisnya juga challenging,” beber Eko.

Nah.. Bagaimana tampang asli motor sport 250cc Yamaha itu? Akan kah Indonesia jadi negara pertama yang meluncurkan motor sport 250cc itu? Kita tunggu saja.

62 COMMENTS

  1. ohh, jadi yang ada d Jepang saat ini cuman Protoype doank (mirip New Vixion fairing yang ada JMS kemarin)

    bentuk finalnya nanti 2014 yah??

  2. I just want to mention I am very new to weblog and honestly liked this blog. Almost certainly I’m going to bookmark your website . You amazingly come with incredible articles and reviews. Thank you for revealing your blog site.