10
8125

Yusup Adip Mustofa, Bikin Mesin 3 Silinder Sampai Ubah Vespa 2 Tak Jadi 4 Tak

GILAMOTOR.com – Dari bengkel kecil ini pernah terlahir sebuah karya fenomenal yang diakui dunia internasional bro.

Bengkel yang diberi nama Semangat Putra Motor digawangi oleh M. Yusup Adip Mustofa, hasil karyanya pernah meyabet gelar The Best Free For All dalam ajang Kustomfest di Jogjakarta tahun 2013 lalu.

Ucup panggilan akrabnya, menciptakan sebuah karya yang memukau dewan juri asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Roland Sand. Ucup berhasil bikin modifikator asal Amrik itu geleng-geleng kepala melihat karyanya.

Saat itu Ucup bikin modifikasi dari basis Honda GL 100. Yang bikin juri Amrik itu geleng kepala adalah Ucup bikin mesinnya jadi tiga silinder dengan konfigurasi yang nggak biasa. Bukan L-Twin atau V-Twin, tapi disebut konfigurasi W.

Meski cuma lulusan STM, tapi Ucup punya banyak karya yang luar biasa. Doi juga pernah membuat motor Vespa 2 tak menjadi 4 tak. Ilmu dan keterampilannya saat didapat secara otodidak, karena doi banyak bereksperimen di bidang mesin. Selain itu, doi juga banyak membaca buku.

Teks: Joppie | Foto: Joppie

10 COMMENTS

  1. ini baru top…. lebih top lagi kalo mas ucup ini mau bagi2 ilmunya dgn cuma2 biar ilmuya menjadi amal ibadah yg tetep mengalir. sayangnya pemerintah kita ga respect thd orang2 macam mas ucup ini