9
10897

Yusup Adip Mustofa, Bikin Mesin 3 Silinder Sampai Ubah Vespa 2 Tak Jadi 4 Tak

GILAMOTOR.com – Dari bengkel kecil ini pernah terlahir sebuah karya fenomenal yang diakui dunia internasional bro.

Bengkel yang diberi nama Semangat Putra Motor digawangi oleh M. Yusup Adip Mustofa, hasil karyanya pernah meyabet gelar The Best Free For All dalam ajang Kustomfest di Jogjakarta tahun 2013 lalu.

Ucup panggilan akrabnya, menciptakan sebuah karya yang memukau dewan juri asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Roland Sand. Ucup berhasil bikin modifikator asal Amrik itu geleng-geleng kepala melihat karyanya.

Saat itu Ucup bikin modifikasi dari basis Honda GL 100. Yang bikin juri Amrik itu geleng kepala adalah Ucup bikin mesinnya jadi tiga silinder dengan konfigurasi yang nggak biasa. Bukan L-Twin atau V-Twin, tapi disebut konfigurasi W.

Meski cuma lulusan STM, tapi Ucup punya banyak karya yang luar biasa. Doi juga pernah membuat motor Vespa 2 tak menjadi 4 tak. Ilmu dan keterampilannya saat didapat secara otodidak, karena doi banyak bereksperimen di bidang mesin. Selain itu, doi juga banyak membaca buku.

Teks: Joppie | Foto: Joppie

9 COMMENTS

  1. ini baru top…. lebih top lagi kalo mas ucup ini mau bagi2 ilmunya dgn cuma2 biar ilmuya menjadi amal ibadah yg tetep mengalir. sayangnya pemerintah kita ga respect thd orang2 macam mas ucup ini

  2. Salut buat mas yusuf…
    Ditunggu karya selanjutnya..
    N semoga nantinya bikin mesin sendiri orisinil, mulai dari 50cc aja dulu mas..
    Salut banget…

  3. karya seperti inilah yg seharusnya di dukung oleh pemerintah
    indonesia punya banyak orang pintar tapi pemerintahnya gak bisa ngelihat itu

  4. Hardware yang dibutuhkan cukup kabel data mini USB baawan paket-nya, sambungkan ponsel dengan kabel mini USB ke PC. Sekedar saran, untuk menghindari konflik settingan, ada baiknya anda melepas semua sambungan USB ke piranti lain (modem dsb).1. Hubungkan D1200P ke PC2. Jalankan aplikasi EtsMain3. Pilih menu Debug>Comm>USB4. Perhatikan di Main Log Windows apabila anda mendapatkan pesan seperti ini: 08:14:32.0: USB Status: Connected 08:14:32.0: USB – Connected 08:14:37.7 ETS, Id=CP Configuration Info , Asic Type=RAM , Asic Version=Rev_C2 , DSPM Patch Id=000 , DSPV Patch Id=000 , RF Option=Philips DCR R2A , Ref Clock Freq=19.20 MHz Ref , UIM Enabled=True , Reserved Config 1=False , Data Service Enabled=True , SCH Enabled=True , AMPS Enabled=False , GPS Enabled=False , Aux ADC Polling=True , Digital RxAGC Enabled=True , Manufacturer Id=VIA TeleCom , Model Id=CBP4PLUSArtinya D1200P sudah terkoneksi dengan sukses, nah berikutnya gunakan menu: Utilities>File Transfer Utility untuk melakukan transfer file midi ke D1200P.1. Browse file midi di PC yang akan anda transfer2. Buka folder vt/music/download3. Tekan Write>>4. Perhatikan jendela main log saat proses penulisan data berlangsung, tunggu hingga selesai.5. Exit dari EtsMain6. Cabut kabel data USB. Matikan dan nyalakan kembali ponsel.7. Periksa folder Music di menu Gallery, file yang anda transfer akan ada disana.8. Gantilah nada dering dari menu Profile D1200P/Cara yang sama bisa om2 gunakan juga untuk mengganti wallpaper.Nice info boss, thank’s