0
1038

Wohooo, Pebalap Ini Cetak Rekor Wheelie Tercepat di Lintasan Es!

GILAMOTOR.com – Robert Gull memecahkan rekor baru sebagai pencatat wheelie tercepat di dunia. Bukan aspal, pebalap asal Swedia ini melakukannya di atas lintasan es, bro en sis!

Gull memodifikasi Honda Fireblade tunggangannya terutama di kedua ban. Karet bundar dari Dunlop yang dipakainya itu telah dipasangi paku biar lebih menggigit ketika melahap es beku di Danau Kakel, Swedia Utara.

Meski sempat takut, pebalap berusia 23 tahun itu berhasil membuat wheelie dengan kecepatan 183,8 km/jam (114,2 mph) dengan jarak lebih dari 100 meter. Dengan begitu, Gull mencatat rekor baru dan mematahkan rekor sebelumnya yang pernah dibuat oleh stunt rider Ryan Suchanek (109,5 mph).

“Riding di es sangat spesial, tentu saja tidak dengan apa yang aku pakai!” seru Gull. Menurutnya, keseimbangan saat wheelie makin sulit ketika paku-paku di ban tersebut mulai merobek lapisan es. Apalagi ketika dirinya melintas di line yang sama.

“Hampir nggak mungkin mengontrol motor. Yang harus dilakukan adalah mengikuti kemana arah motor. Tapi, bagian tersulit adalah saat ingin mengembalikan ban depan ke es. Itu sangat menakutkan,” ujarnya.

Sebenarnya rekor ini sudah dilakukan Gull pada bulan Meret 2014 lalu. Namun, pihak Guinness Book of Records baru mengesahkan aksinya tersebut baru-baru ini.