Photo: Vinci
0
822

Nih, Solusi Macet dan Polusi Udara Cerdas Ala Perancis

GILAMOTOR.com – Berbeda dari kebijakan nggak manusiawi Jakarta yang main asal larang motor melintas jalan protokol, Perancis punya solusi yang keren. Makin mantap, bukan cuma macet, tapi polusi udara juga bisa ditekan bro en sis.

Adalah perusahaan lahan parkir Vinci yang bekerja sama dengan produsen motor listrik Cityscoot yang mencoba program penyewaan motor listrik terintegrasi.

Gampangnya, pengguna kendaraan, khususnya mobil yang parkir di lokasi milik Vinci dan ingin bepergian di lokasi yang nggak terlalu jauh, atau pusat kota bisa menyewa motor listrik Cityscoot yang tersedia di dekat lokasi parkir. Jadi nggak perlu repot memakai mobil yang jelas-jelas memakan lebih banyak tempat di jalanan ketimbang motor.

Selain itu, karena motor yang dipakai ini bertenaga listrik, jadinya nggak ada emisi gas yang dihasilkan. Ramah lingkungan bro en sis!

Agar lancar dalam mendukung mobilitas penggunannya, motor listrik yang dioperasikan dalam program ini diklaim bertenaga setara dengan motor bermesin 50cc. Cukuplah buat wara-wiri di dalam kota dengan batasan jarak pakai baterai yakni 60-100 km.

Fitur yang tertanam di Cityscoot juga modern banget. Yakni dual USB ports buat menyuport mobile gadget dan sport real-time geolocation. Serta adanya onboard computer mungil yang dapat mendeteksi dan menghubungi nomor darurat jika terjadi kecelakaan.

Oiya, di program ini soal safety juga jadi fokus lho. Untuk itu, tiap penyewa bakal dibekali dengan helm dan scarf sebagai pendukung.

Nggak ketinggalan, di program ini ada beberapa jangka waktu penyewaan. Mulai dari 15 menit, 2 hari, 1 minggu, 1 bulan dan 1 tahun dengan biaya 2-80 Euro.

Saat ini, program Cityscoot baru tersedia di Paris business districts, La Defense, namun Vinci masih memiliki 1,8 juta lokasi parkir di 14 negara Eropa.

Hmm, ini baru cara cerdas solusi macet dan polusi bro en sis.