Photo : Gilamotor.com/Ary
0
1187

Jadwal ARRC 2015, Jepang Hanya Satu Seri

GILAMOTOR.com – Bulan April mendatang, gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015 kembali digelar. Berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan di Jepang hanya berlangsung satu seri saja.

Di ARRC 2014 lalu, Jepang ditunjuk melaksanakan dua seri ARRC. Namun, tahun ini jatah tersebut dikurangi. Sebagai penggantinya, Thailand lah yang akan bertindak sebagai tuan rumah dua seri balapan di Sirkuit Buriram.

Malaysia ditetapkan sebagai lokasi pertarungan seri pembuka. Kemudian, seri lanjutan akan dilaksanakan di Sirkuit Sentul, Indonesia dan Jepang.

Setelah itu, paruh kedua akan berlanjut ke Thailand, Qatar dan ditutup di Thailand. Seluruh pebalap ARRC akan memulai debutnya dengan menjalani sesi tes di Sepang 1-3 April nanti.

Tes pra musim  : 1-3 April

Seri 1, Sepang, Malaysia : 16-19 April

Seri 2, Sentul, Indonesia : 4-7 Juni

Seri 3, Japan : 1-5 Juli

Seri 4, Buriram, Thailand : 27-30 Agustus

Seri 5, Losail, Qatar : 30 September -3 Oktober

Seri 6, Buriram, Thailand : 2-6 Desember

Tahun ini, ajang ARRC juga kembali dihiasi dengan kejuaraan khusus milik Honda yakni Asia Dream Cup. Dan, yang terbaru adalah OMR Satria FU150 bertajuk Suzuki Asia Challenge.

ARRC dianggap sebagai salah satu jembatan para pebalap mengasah skill untuk berkiprah ke tingkatan yang lebih tinggi. Bahkan, ARRC dipercaya sebagai jembatan para pebalap Indonesia untuk menggapai mimpi berkompetisi di arena Moto3, Moto2 atau MotoGP.

Hal tersebut terlihat dari pemetaan karir pebalap tim pabrikan Honda, Yamaha dan Suzuki Indonesia yang terlihat agresif meski dengan strategi dan skema berbeda.