Photo: Asphalt and rubber
0
1578

Penerus KTM 1190 RC8 Tetap Ada, Tapi Hanya Buat di Sirkuit

GILAMOTOR.com – Sebelumnya, KTM memang berniat menghentikan produksi superbike mereka setelah 1190 RC8 stop produksi, namun bukan berarti KTM menghentikan proyek motor sport mereka secara penuh.

Bahkan pabrikan asal Austria tersebut berniat turun di balap MotoGP pada 2016 dan melepas penerus 1190 RC8 yang lebih bertenaga.

Yup, penerus 1190 RC8, nantinya akan berjuluk RC16 diklaim akan lebih bertenaga, namun sayangnya, motor ini tidak untuk dipakai di jalan raya.

“Kami akan memproduksi penerus RC8 V-Twin, namun dengan catatan hanya untuk penggunaan di sirkuit saja. Motor itu tidak akan dihomologasi sebagai motor jalan raya,” ucap CEO dan Presiden KTM, Stefan Pierer.

Dengan peraturan sistem elektronik standar pada MotoGP 2015, dirinya yakin KTM dapat bersaing setara dengan Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki dan Aprilia.

“Jadi, motor yang akan dijuluki RC16, tapi dapat dibeli konsumen untuk kediatan track days, atau latihan balap di sirkuit, tapi tidak untuk dipakai di jalanan. Dan begitu RC16 diproduksi, 1190 RC8 akan kami stop,” urai Stefan.

Hmm, ini artinya penerus 1190 RC8 akan berstatus ‘racing only’ seperti Kawasaki Ninja H2R. Lalu akankah tenaganya se’gila’ Ninja H2R? Kita tunggu saja.