Photo : Yamaha
0
1485

Salah Produksi, Shock Ohlins Bikin Yamaha R1M Direcall

GILAMOTOR.com – Produk terbaru Yamaha R1M di Canada dan Australia terpaksa  ditarik dari konsumennya. Motor berspesifikasi superbike ini disebut mengalami kerusakan shock belakang yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Pernyataan mengenai recall ini disampaikan langsung oleh komisi transportasi dan pelindungan konsumen Canada dan Australia. Padahal, motor ini terbilang laris. Buktinya R1M dinyatakan ‘sold out’.

Memang tidak semuanya. Mereka menyebutkan ada beberapa motor yang kemungkinan salah produksi. Nut piston pada shock belakang bermerek Ohlins berpotensi longgar. Ini akan berdampak pada kurangnya pengendalian pengendara R1M, sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

Untuk itulah saat ini pihak dealer Yamaha akan memeriksa R1M yang terlanjur samapai ke tangan konsumen. Mereka mengklaim akan mengganti shock Ohlins tersebut dengan yang baru dan gratis.

Tidak hanya berhenti disitu, kondisi ini jga memaksa Ohlins menarik beberapa model shock Ohlin seperti TTX36, TTX GP, TTX RT dan TTX36 MKII keluaran 9 November 2015 sampai 20 Februari 2015.

Selain dua negara itu, Yamaha juga mendeteksi masalah tersebut pada dua model RIM di Inggris. Salah satunya adalah yang dimiliki oleh tim balap.