Photo: Gilamotor.com/Ilham
2
12020

Modifikasi Yamaha Jupiter Z, Cukup Mainkan Komponen Standar

GILAMOTOR.com – Pebalap asal Jogjakarta Wahyu Nugraha tampil impresif di kelas YCR5 pada ajang Yamaha Cup Race 2015 Seri-1 di Purwokerto belum lama ini.

Yamaha Jupiter Z racikan tim Arya 117 Creampie Kawahara RC3 NHK HTJRT Dava Phone sukses mengungguli lawan-lawannya dan sukses menapak podium pertama. Padahal di awal lomba, pebalap bernomor start 131 tersebut sempat tertinggal di baris tengah.
ycr-modif-4

Kunci kemenangan Wahyu Nugraha langsung dijawab oleh Syafaruddin, tuner tim Arya 117 Creampie Kawahara RC3 NHK HTJRT Dava Phone. “Kunci kemenangan ada pada pemanfaatan komponen standar. Karena kelas YCR5 memang mengharamkan banyaknya ubahan pada motor,” urai Acos, sapaannya.

Diantaranya dengan melakukan porting polish pada bagian mesin. “Kompresi dinaikan menjadi 12,4:1. Serta memperbesar venturi karburator standar menjadi 19mm,” jelas pria asli Makassar ini.
ycr-modif-2

Tak ketinggalan, rasio gear dibuat berat dan dirancang sesuai karakter sirkuit GOR Satria, Purwokerto. Dengan perbandingan rasio gigi, 13:36,16:29,21:29 dan 20:22.

Sedangkan perbandingan mata gir 13:42 dengan piranti dari SSS. Serta pelepas gas buang buatan Creampie, Jogjakarta. “Terakhir, suspensi Kawahara gas di belakang juga dibuat soft untuk meredam kondisi aspal yang bumpy,” tutup Acos

Data Modifikasi Yamaha Jupiter Z:

Gir: SSS
Sok Belakang: Kawahara
Knalpot: Creampie
Aki: MotoBatt Gel
CDI: Rextor Pro Drag
Stabilizer: KTC

2 COMMENTS