Photo: Gilamotor.com/Ary
4
1194

Laporan Mudik Kita : Cek Kaki-Kaki Skutik agar Mudik Lebih Aman

GILAMOTOR.com – Masih berkaitan dengan persiapan mudik. Sebelum dibawa untuk perjalanan jauh, bagian kaki-kaki skutik juga wajib diperiksa.

Bagi anda yang sering mudik pasti tahu betul karakter jalanan di sepanjang jalur utara dan selatan. Maka dari itu, rasanya perlu untuk mengecek kelayakan dari komponennya ketika anda melakukan service di bengkel resmi.

M Abidin, GM Aftersales dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyarankan untuk melihat sektor pengereman.

“Pastikan fungsi rem depan dan belakang baik. Jika kanvas rem sudah tipis lebih baik diganti,” kata Abidin. Kalau sudah, check juga fungsi handle gas dan tuas rem.

Tips-Mudik-skutik-service-2

Selanjutnya, suspensi depan dan belakang. Jika skutik yang anda pakai untuk mudik sudah berusia lebih dari 1 tahun, ada baiknya untuk melihat kondisi per shock depan. Apabila sudah tidak bagus, ganti dengan yang baru berikut dengan oli shock-nya.

Kemudian Abidin menyarankan pengguna skutik juga untuk mengecek gerak bebas comstir. “Gerakan front fork ke depan dan belakang, kalau oblak minta kencangkan. Setelah itu, pastikan juga gerakan setang ke kiri dan kanan ringan atau tidak terhambat,” ujarnya.

Bagian yang tak kalah penting adalah melihat kondisi ban dan tekanan anginnya. “Untuk mudik, kembangan ban harus bagus dan tekanan anginnya juga. Idealnya 29 Psi (depan) dan 33 Psi untuk belakang,” tambah Denny Dannysumakud, Service Advisor Sumber Mas Motor yang berlokasi di Jl Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

4 COMMENTS