Photo: Gilamotor.com/Ary
0
4821

Laporan Mudik Kita: Jalan Jalur Pantura Bagus, Waspadai Jalan Bergelombang

GILAMOTOR.com – Jalur mudik Pantura dari Jakarta hingga Pekalongan terpantau bagus. Hanya ada sedikit kerusakan kecil di beberapa bagian jalan, namun ukurannya tak terlalu berpengaruh pada kaki-kaki motor. Umumnya, gangguan hanya datang dari kondisi jalan yang sedikit bergelombang.

Pantauan tim #LaporanMudikKita saat bergerak menuju pantura menggunakan skutik Yamaha Mio M3 125 via Kalimalang – Bekasi hingga Karawang, aspalnya dalam kondisi baik. Hanya di beberapa titik di Kalimalang terdapat sedikit lubang dan berpasir akibat pekerjaan penambahan ruas jalan dan pembangunan jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang terhenti pada 1998 akibat krisis.

Selain banyaknya titik putar dan persimpangan, pembangunan jalan tol ini akan jadi salah satu biang kemacetan arus mudik 2015 nanti. Untuk mengantisipasi kemacetan itu, Satlantas Polresta Bekasi Kota akan melakukan penutupan putaran yang jaraknya berdekatan.

Lepas dari Karawang khusnya jalur Subang menuju Cirebon, kondisi jalan raya terpantau bagus tanpa lubang besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Kini jalan menuju kota-kota di Pulau Jawa itu dilapis beton dan aspal.

Meski kondisi jalan sudah bagus, pemudik yang akan menuju Jawa Tengah via Pantura tetap harus berhati-hati dan waspada karena banyaknya warga menyebrang jalan dan arah putar kendaraan.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah jalan bergelombang karena berpotensi membuat motor oleng dan sulit dikendalikan.