Photo: Gilamotor.com/Ary
3
1342

Laporan Mudik Kita : Mudik Pakai Skutik, Pastikan Kondisi Mesin dan CVT Prima!

GILAMOTOR.com – Ada beberapa hal penting yang harus diingat ketika anda memilih skutik untuk mendampingi perjalanan mudik. Sektor mesin dan CVT menjadi bagian yang perlu mendapat perhatian lebih.

Selain diandalkan sebagai tunggangan harian, tak sedikit masyarakat yang lantas mengandalkan skutik sebagai alat transportasi utama untuk pulang ke kempung halaman.

“Anda harus tahu dulu kapan motornya terakhir kali di service,” buka M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, ini berkaitan dengan perangkat atau spare part apa saja yang sudah harus diganti. Untuk melihatnya, anda wajib datang ke bengkel resmi.

Service-Skutik-Mudik-2

Berikut pemaparan Abidin soal langkah-langkah pemeriksaan skutik sebelum pulang kampung :

  1. Periksa kondisi mesin, Bisa service ringan (hanya dibersihkan) atau service besar. “Untuk yang satu ini perlu adanya pembersihan di ruang bakar dan kalau perlu melakukan setingan pada katup,” ujar Abidin kepada GILAMOTOR.com
  2. Lakukan penggantian oli mesin dan transmisi.
  3. Selanjutnya adalah membersihkan ruang CVT serta memeriksa kelayakan part di dalamnya. “Jika jarak tempuh skutik sudah 25.000 km, gantilah roller dan v-belt,” tambahnya lagi.

Intinya, anda harus rajin melakukan perawatan skutik secara berkala. Baik soal waktu penggantian oli, perawatan ringan hingga besar. Jika mesin dan CVT sudah ciamik, anda tak perlu ragu melajukan skutik untuk perjalanan jauh.

3 COMMENTS