Photo: Gilamotor.com/Ary
3
1443

Persiapan Motor Sebelum Mudik, Ganti Komponen Bila Perlu

GILAMOTOR.com – Mudik sejatinya bertujuan sebagai sarana silaturahmi bersama orang-orang tercinta. Untuk itu, beragam cara dan moda transportasi digunakan calon pemudik, termasuk sepeda motor. Dan sebelum memulai perjalanan, ada baiknya memeriksa kondisi motor demi menghindari masalah di perjalanan.

Ada beberapa item yang patut diperiksa sebelum berkendara. Dimulai dari bagian roda. Periksa kondisi telapak ban, pastikan alur ban masih dalam. Jangan paksakan perjalanan memakai ban yang hampir botak. Karenanb an merupakan salah satu piranti keselamatan krusial selama perjalanan. Sehingga alur ban yang utuh dibutuhkan untuk meningkatkan grip ban ke aspal.

Cek tekanan angin, jangan sampai kurang, karena bisa menambah boros konsumsi BBM. Tetapi juga jangan terlalu berlebihan, karena selain mengurangi kenyamanan dan gigitan alur ban ke aspal.

Selanjutnya, kondisi velg juga mempengaruhi pengendalian. Jika motor menganut velg model palang, cek bagian bibir dan batang palang. Pastikan bibir velg tidak bengkok. Sementara velg jari-jari, lebih baik disetel jika handling sudah oleng.

Rantai, atau sabuk CVT pada kendaraan skutik juga wajib diperiksa. Ganti jika rantai sudah terlalu kendur. Pun begitu dengan tipe skutik, ganti sabuk CVT jika berindikasi getas. Ini harus dilakukan agar tidak terkendala putus di perjalanan.

Pastikan pula kondisi rem bekerja normal. Periksa minyak dan kampas rem. Ciri kampas rem cakram mulai tipis bisa dilihat dari celah di kaliper. Namun masalah juga bisa disebabkan dari terkikisnya bagian cakram dengan bentuk alur bergelombang di komponen ini. Jika sudah begitu, jangan tunda untuk mengganti cakram, karena bisa mengurangi kepakeman rem, segerakan ganti untuk keselamatan berkendara.

Urusan mesin, jangan lupa untuk mengganti busi, oli maupun filter udara jika memang diperlukan. Pun demikian dengan kampas kopling dan komponen ruang bakar. Usahakan jangan ada asap yang mengebul keluar dari lubang knalpot.

Detail lainnya, adalah kelistrikan. Cek kondisi aki, serta seluruh komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti starter elektrik, klakson dan lampu-lampu. Pastikan semua menyala dalam kondisi normal.

3 COMMENTS