Photo: KYT
0
2584

Crosser KYT, Roman Febvre ‘Kunci’ Gelar Juara Dunia MXGP 2015

GILAMOTOR.com – Meski masih menyisakan dua seri lagi, Roman Febvre sudah berhasil mengunci gelar juara dunia MXGP 2015 atas namanya. Kemenangan perdananya ini juga sekaligus menjadi persembahan pertama untuk KYT selaku sponsor.

Kemenangan utama Febvre terjadi saat crosser asal Perancis ini melakoni laga MXGP seri 14 di Belanda, akhir pekan lalu (29-30/8/2015). Walau tidak berdiri di podium utama, Febvre yang mengandalkan helm KYT Strike Eagle tetap kokoh di puncak.

Torehan 638 poin yang dicetaknya saat berhasil finish kedua memperlebar jaraknya dengan Gautier Paulin yaitu 102 poin. Namun, perjuangan Febvre di dua sesi MXGP tidak berjalan mulus.

Keberuntungan belum berpihak kepada Febvre di Moto 1. Dirinya hanya bisa menyelesaikan balapan di urutan 5. Sementara pesaing terdekatnya, Paulin bisa lebih baik karena finish kedua.

“Di hari Sabtu, aku start sangat lambat.  Padahal, saya tahu kalau bisa start lebih bagus, maka saya bisa meraih podium. Dan saya sadar bila saya bisa finish di depan Paulin, maka saya bisa meraih juara dunia. Sayangnya, di hari pertama balapan, itu tidak terjadi,” ujar pengguna Yamaha YZ450FM ini.
Roman-Febvre-Juara-Dunia-MXGP-2015-KYT-Strike-Eagle
Febvre tak ingin mengulang kesalahan di sesi Moto2, Minggu. “Saya start lebih bagus dan melewati banyak pembalap dan akhirnya finish kedua. Saya sangat bahagia dan saya ucapkan banyak terima kasih pada tim dan semua yang menyupport saya,” tegas pembalap Yamaha Factory Racing Yamalube ini.

Gap yang jauh dengan runner up membuat poin Febvre tak bisa lagi terkejar. Apalagi, MXGP tinggal menyisakan  2 seri lagi (Meksiko dan Amerika Serikat). Upaya pengejaran Paulin tentu tidak mungkin karena total angka maksimal yang bisa diraih di 2 gelaran tersebut hanya 100 poin. Sementara, selisih antara Febvre dan Paulin adalah 102 poin.

Catatan prestasi Febvre di ajang garuk tanah terbilang baik. Crosser berusia 23 tahun ini merasakan 12 kali juara pertama dari 32 penampilannya. Dia juga peraih 6 kali juara seri dari 16 seri, 11 kali podium serta yang paling fenomenal Febvre adalah pemegang  7 kali Red Plate sebagai pemimpin seri.

Prestasi gemilang ini sekaligus mencetak sejarah baru bagi PT Tara Kusuma Indah, produsen helm KYT.  Bahwa helm produk lokal ini telah mampu membuktikan kelasnya sebagai ‘World Class Helmet’ yang mengantarkan Romain Febvre menjadi juara dunia.

Karena, tanpa didukung helm yang nyaman, berkualitas dan berstandar tinggi, mustahil bisa meraihnya. KYT Strike Eagle terbuat dari TRI-Fiber Composite atau kombinasi dari carbon kevlar dengan fiberglass yang nyaman dan aman untuk melindungi kepala. Bobotnya sangat ringan, hanya 990 gram.

“Helm ini sangat ringan dibanding dengan produk lama yang saya gunakan. Apalagi desain yang sangat argonomis membuat saya sangat nyaman memakainya,” jelas pembalap kelahiran 31 Desember 1991 ini.

Maklum saja. Faktor safety memang menjadi fokus perhatian utama dari PT Tara Kusuma Indah.  “Kami tak sekadar melakukan kerja sama dalam bentuk sponsorship. Tujuan utama kami adalah bagaimana konsep pada produk kami khususnya helm untuk motorcross, dapat diterima dan memberikan keamanan serta kenyamanan, terutama bagi crosser yang turun di MXGP,” tutup Henry Tedjakusuma selaku Direktur PT Tarakusuma Indah.