Photo: Response.jp
1
1148

BMW, Honda dan Yamaha Sepakat Kembangkan Sistem Transportasi Cerdas

GILAMOTOR.com – Persaingan di pasaran nyatanya tak mengurungkan niat BMW, Honda dan Yamaha untuk bisa bekerja sama. Ketiganya sepakat mengemabngkan sebuah sistem untuk keselamatan pengendara sepeda motor.

Pembentukan Connected Motorcycle Consortium (CMC) yang dibentuk oleh Honda Motor, Yamaha Motor dan BMW Motorrad ini menjadi aksi mengejutkan dalam kongres 22nd ITS World Congress Bordeaux 2015, Perancis beberapa waktu lalu.

Ketiga produsen sepeda motor ini kemudian meluncurkan konsorsium Cooperative-Intelligent Transport Systems (C-ITS). Mereka akan terlibat dalam pengembangan perangkat tersebut untuk nantinya diaplikasikan pada sepeda motor.

Cara kerjanya C-ITS akan mengirimkan sinyal antar sepeda motor yang bertujuan menghindari terjadinya tabrakan di titik potensial kecelakaan.

C-ITS dianggap menjadi solusi mengurangi angka kecelakaan pada sepeda motor. Nantinya, baik Honda, Yamaha maupun BMW akan menjadi pemain utama yang bertindak sebagai produsen dan pemasok di pasar Eropa.

Saat ini, C-ITS baru terpakai di mobil. Brand roda empat yang saat ini memakainya terdiri dari Ford, VW dan juga Daimler AG. Namun, perbedaan karakter sepeda motor membuat teknologi ini sedikit sukar dikembangkan.

Hingga saat ini, ketiga perusahaan tersebut masih berdiskusi untuk membentuk komite untuk menentukan standar pengaplikasian C-ITS tersebut.