Terdapat sensor yang rentan terhadap air bertekanan.
2
11545

Jangan Sembarangan Cuci All New Honda CBR250RR

JAKARTA, GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) tengah gencar memasarkan produknya di kelas sport 250 cc. Yup, All New Honda CBR250RR. Sepeda motor dua silinder yang menjadi pesaing berat Kawasaki Ninja 250 Fi dan Yamaha YZF-R25 di pasar domestik ini dibekali dengan segudang fitur yang canggih, Gilmoters.

Bahkan beberapa fitur milik All New Honda CBR250RR tidak dimiliki para rivalnya. Nah, berhubung punya sederet fitur-fitur canggih, perawatan All New Honda CBR250RR juga mesti diperhatikan loh, Gilmoters. Termasuk cara mencucinya yang tidak boleh sembarangan.

Jangan sekali-kali Gilmoters menyemprot air bertekanan tinggi ketika mencuci All New Honda CBR250RR, khususnya pada bagian selongsong gas. Soalnya, pada panel tersebut terdapat sensor yang diberinama Accelerator Position Sensor (APS). Gunanya menunjang fitur throttle by wire yang terdapat pada All New Honda CBR250RR.

Nah, berhubung sensor ini sangat rentan terhadap air, otomatis jika disemprot dengan air bertekanan tinggi molekul-molekul air akan masuk ke dalam panel. Dan yang pasti akan mengganggu performa sepeda motor yang sempat dijajal Marc Marquez ini, Gilmoters.

Seperti diungkapkan oleh Yudi heriyadi, Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM). “Jangan dicuci menggunakan air bertekanan. Sebab air akan masuk kedalam panel dan bisa merusak sensor yang ada. Ciri-cirinya, motor akan tersendat-sendat saat bukaan gas,” jelasnya.

Jadi sudah paham kan, Gilmoters?  Kalau Gilmoters pemilik All New Honda CBR250RR, lebih baik mencucinya sendiri. Tapi apabila terpaksa mencucinya di tempat cuci steam, jangan lupa mengingatkan si pencuci motor untuk tidak menyemprot bagian yang Bang Gilmot jelaskan di atas. (okz)

2 COMMENTS