7
4243

Tips Mengoptimalkan Performa Kampas Kopling Karbon yang Biasa Dipakai Balap

GilaMotor.com – Gilmoters salah satu bikers yang doyan oprek sepeda motor kesayangan, khususnya demi mengejar performa? Atau bahkan Gilmoters salah seorang pembalap? Jika iya, mungkin sudah enggak asing dengan kampas kopling aftermarket berbahan karbon.

Pasalnya, komponen fast moving ini kerap dipakai dalam berbagai kejuaraan balap. Lantaran diklaim memiliki daya tahan yang tinggi hingga daya gesek dibandingkan dengan standar. Tapi sebelum menggunakan part tersebut untuk balapan, ada yang mesti diperhatikan nih Gilmoters.

Baca juga: Bikin Lampu Depan Yamaha NMax Lebih Terang dengan LED Aftermarket

Menurut Rio Tan selaku Manager Technical Service PT Enwan Multi Partindo yang merupakan distributor spare part UMA Racing, Proliner, Nob1 dan Racing Boy, penggunaan kampas kopling karbon enggak bisa langsung dipakai balapan usai terpasang.

“Sebelum dipakai untuk balap, kampas kopling harus direndam semalaman menggunakan pelumas mesin (oli). Tapi merendamnya jangan pakai yang bekas ya. Ini dilakukan supaya tekstur kampasnya agar lebih menyatu. Ya istilahnya butuh penyesuaian dulu biar bisa mencengkram dengan baik,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Rio itu pun menambahkan, jika hal tersebut dilanggar. Bukan juara atau performa motor terbaik yang akan didapat, melainkan slip kopling. “Kalau nekat habis pasang langsung pakai (balapan), dipastikan akan mengalami slip. Mau juara malah dapat kendala jadinya,” sambungnya.

Repot? Ada cara lain yang juga disampaikan Rio pada Bang Gilmot. “Kalau tidak direndam. Sebelum dipakai race, motor bisa dipakai saat sesi kualifikasi. Intinya ya sama, yaitu supaya ada penyesuaian dulu,” tutupnya.(okz)

7 COMMENTS